SEJIT - Suasana Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal menjelang Sejit Kongco Ceng Gwan Cin Kun, Selasa 25 Juni 2024. Foto: Sutrisno.

TEGAL (SUARABARU.ID) – Merayakan ulang tahun atau Sejit Kongco Ceng Gwan Cin Kun, Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal menggelar kirab dan festival kuliner mulai Kamis- Minggu (27-30/6/2024) mendatang.

“Kegiatan, mulai dari sembahyang sejit, penyeberangan jembatan 7 bintang, kirab Gotong Toa Pe Kong, malam kesenian, hingga festival kuliner UMKM,” kata Ketua Yayasan Tri Dharma Tegal, Gunawan Lo Han Kwee, Selasa (25/6/2024).

Gunawan Lo Han Kwee memastikan perayaan sejit atau ulang tahun Dewa Ceng Gwan Cin Kun ini akan lebih meriah dari tahun sebelumnya. Karena tamu dewa dari kelenteng luar kota yang akan datang ada sebanyak 70 kimsin.

“Adanya sejit ini umat berharap supaya dijauhkan dari bencana dan Kota Tegal aman, tentram serta sejahtera,” ungkapnya.

Mereka akan mengikuti kirab atau arak-arakan tandu dewa di puncak acara, pada 30 Juni 2024 mendatang. “Tahun ini lebih ramai, yang keliling ada 55 tandu. Tamu-tamu ada yang dari Lasem, Mojokerto, Palembang, Jakarta, Karawang, dan lain-lain,” terangnya.

Kirab Gotong Toa Pe Kong kata Gunawan juga akan diikuti oleh rombongan perwakilan agama, seperti Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Kirab akan mengelilingi Kota Tegal, rute mulai Kelenteng Tek Hay Kiong-Jalan Gurame- Jalan Udang- lJalan Proklamasi- Jalan Slamet Riyadi- Jalan Veteran-Jalan Ahmad Yani- Alun-alun- Jalan Pangeran Diponegoro- Jalan Ahmad Yani- Jalan Veteran dan berakhir di Kelenteng.

Sutrisno