Mantan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman menanyakan kesungguhan balon bupati Sragen Prihandoko Hanjus dihadapan  Presidium GPS di Markas Serambi Sukowati, Rabu (26/6/2024). Foto: Anind.

SRAGEN (SUARABARU.ID)– Presidium Gerakan Pembaharuan Sragen (GPS) memanggil Prihandoko alias Hanjus, untuk memberikan pemaparan jika akan nyalon Bupati Sragen. Pemanggilan dilakukan di Markas GPS di Serambi Sukowati di Jalan Dr Wahidin 9, Sragen, Rabu (26/6/2024).

“Balon Bupati Sragen ditanya sejauh mana wawasannya untuk melakukan perubahan Sragen,” terang Prihandoko saat dihubungi, Rabu (26/6).

Kendati tidak berwenang merekomendasi balon Bupati/Wakil Bupati Sragen untuk disetor ke KPU, namun massa GPS di Sragen luar biasa banyak.

Di antara tokoh Presidium GPS terdapat mantan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman (2010 – 2015), mantan Wabup Sragen Dedy Endriyatno (2016-2020), mantan Ketua DPC PKB Sragen Mukafi Fadli ST,SAg, mantan Sekda Tatag Prabawanto, mantan anggota DPRD Provinsi Azis Kristanto, para politisi, aktivis, perangkat desa, LSM maupun Ormas yang cukup dikenal di Sragen.

Presidium GPS Aziz Kristanto mengatakan, sebelumnya Presidium GPS juga memanggil balon Bupati Dedy Endriyatno (mantan Wabup Sragen periode 2016-2020), Untung Wina Sukowati, Pujono Elli Bayu Efendi, dokter Aan Cahyanto dan paling akhir Prihandoko alias Hanjus.

Azis Kristanto memuji  Hanjus adalah mantan Kades Sambirejo, Kecamatan Plupuh yang selama menjabat kades selama dua periode tidak pernah mengambil gaji dari hak pengelolaan tanah bengkok atau kas desa.

“Gajinya diserahkan untuk membangun desa,” tutur Azis Kristanto di depan  komunitas Presidium GPS.

Dipertemuan itu, Hanjus yang berbicara lantang minta agar GPS segera menentukan bakal calon Bupati Sragen yang akan didukungnya saat berlaga di Pilkada Sragen.

Sebab GPS sering rapat hanya berkutat  untuk memilah dan memilih, mana balon Bupati Sragen yang tepat untuk didukung dalam Pilkada nanti. “Segera tentukan mana balon bupati yang akan didukung dan diumumkan ke media online,” pinta Hanjus.

Sejauh ini, partai politik yang berwenang menyetorkan nama balon Wabup/Bupati ke KPU, juga masih menimang-nimang bakal calon yang akan didukungnya. Kecuali Partai Nasdem yang sudah merekomendasikan Untung Wibowo Sukowati untuk maju Pilkada Sragen.

Anind