Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto dalam  bimbingan fisik taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Angkatan 55 di Nusakambangan. Foto: Humas

NUSAKAMBANGAN (SUARABARU.ID) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto mendampingi pelaksanaan Bimbingan Fisik Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Angkatan 55 di Nusakambangan, Rabu (26/6/2024).

Tejo mengatakan, pembinaan fisik dan mental sangat krusial untuk meningkatkan performance dan kinerja. Pembinaan fisik dan mental memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk insan pengayoman yang berkarakter.

“Performance baik secara fisik maupun mental harus terus dijaga. Setidaknya selama proses pendidikan empat tahun ini, teman-teman harus selalu berusaha untuk meningkatkan kondisi fisik dan mental secara konsisten. Karena pembinaan fisik dan mental yang dilakukan secara berkelanjutan diharapkan mampu menopang kinerja kita puluhan tahun ke depan,” ungkapnya.

Pria yang ikonik dengan rambut putihnya itu menilai, jika para taruna tidak mampu untuk mengupgrade kemampuan fisik, mental dan intelektual selama proses pendidikan, mustahil akan mampu menjawab tantangan dari Kemenkumham.

“Bagaimana mampu melaksanakan tugas dan fungsi selama 35 tahun kalau proses pembelajaran selama 4 tahun tidak mampu diselesaikan dengan baik,” tegas Tejo.

“Ingat, bentakan, gojlokan dan trigger dari senior, dari pejabat atau yang lainnya, merupakan stimulus untuk membangun mental fisik kita,” sambungnya.

Tejo menyebut, semua upaya, termasuk semangat dan jiwa pengorbanan harus terus dijaga pada kondisi yang optimal. “Semangat dan jiwa pengorbanan untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat harus tetap tinggi,” kata Tejo.

Tejo menggarisbawahi, sebagai kader pemimpin di Pemasyarakatan, para taruna harus belajar dan bekerja secara profesional. “Kita harus bekerja secara profesional, bekerja yang benar dan berintegritas sesuai Peraturan Perundang-undangan, sesuai SOP,” ujar Tejo.

“Berintegritas itu harus memiliki sikap dan perilaku yang baik. Harus menjadi orang yang bisa dipercaya, jaga itu,” imbuhnya.

Menurut Kakanwil, tanpa fisik dan mental yang bagus, mustahil dapat melaksanakan tugas, fungsi dan peran secara optimal. Secara keseluruhan, agenda pagi ini diisi jalan santai bersama dan senam kesehatan jasmani sebagai agenda utama.

Selama kegiatan, Kakanwil ikut berbaur bersama 334 orang taruna, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) serta pejabat se Nusakambangan dan Cilacap, serta Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Pengelolaan Basan dan Keamanan Kemenkumham Jateng, Jefri Purnama.

Ning S