Bakal calon bupati Kudus Sam'ani Intakoris saat menerima rekom dari Ketua DPD Hanura Jateng Bambang Raya. Foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Partai Hanura resmi mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan Sam’ani Intakoris dan Bellinda Putri Birton sebagai cabup-cawabup Pilkada Kudus 2024.

Ketua Tim Penjaringan DPC Partai Hanura Kudus yang juga fungsionaris DPD Partai Hanura Jateng, Sa’diyanto membenarkan telah turunnya rekom tersebut.

Menurutnya, rekom tersebut diserahkan oleh Ketua DPD Partai Hanura Jateng Bambang Raya langsung kepada Sa’mani Intakoris.

“Iya, hari ini saya dikabari ada penyerahan rekom kepada Sam’ani. Kebetulan saya tidak bisa mendampingi penyerahan rekom karena ada acara lain,”kata Sa’diyanto, Senin (24/6).

Sa’diyanto menambahkan, rekom yang diberikan tersebut sementara inu masih bersifat rekom penugasan. Sama halnya dengan partai-partai lain, pada intinya rekom tersebut menyatakan Partai Hanura akan mengusung pasangan Sam’ani-Bellinda sebagai cabup-cawabup dalam Pilkada Kudus 2024.

Dalam rekom tersebut juga disampaikan Hanura meminta pasangan Sa’mani-Bellinda menjalin komunikasi dengan partai lain untuk proses koalisi.

Karena Hanura hanya memiliki dua kursi di DPRD Kudus sehingga untuk mengusung paslon mengharuskan untuk berkoalisi dengan partai lain.

“Ya intinya sama lah dengan rekom partai lain yang sudah lebih turun,”paparnya.

Disinggung alasan mengapa rekom jatuh ke Sam’ani-Bellinda, Sa’diyanto menjelaskan, saat penjaringan, DPC Partai Hanura Kudus sebenarnya mengusulkan tiga nama yang dinilai memiliki potensi.

Ketiganya adalah Ketua DPC PDIP Kudus Masan, Sekretaris DPD Partai Golkar Kudus Mawahib dan pasangan Sam’ani yang berpasangan dengan Bellinda.

Setelah itu dilakukan fit and proper test di DPD Jateng yang akhirnya dengan berbagai pertimbangan memilih Sam’ani Bellinda sebagai paslon yang akan diusung.

“Salah satu pertimbangannya karena pasangan ini sudah lengkap dan tak perlu lagi mencari pasangan lagi. Di samping itu ada pertimbangan-pertimbangan khusus lainnya dari DPD,”paparnya.

Rekom dari Hanura ini semakin menambah deretan rekom parpol yang sudah dikantongi Sam’ani-Bellinda. Sebelumnya, ada dua parpol lain yang sudah resmi menurunkan rekom yakni Partai Nasdem dan PAN.

Dari ketiga partai tersebut, Sam’ani-Bellinda total sudah mengantongi dukungan delapan kursi dari minimal sembilan kursi yang dipersyaratkan oleh KPU.

Ali Bustomi