Koordinator Satuan Pendidikan Kec. Kembang, Nasuka S.Pd bersama komite sekolah, dewan guru TK Tunas Harapan dan dewan guru SDN 2 Kaliaman, 22 Juni 2024. Foto: Hadepe

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pelepasan murid kelompok B TK Tunas Harapan dan kelas VI SDN 2 Kaliaman Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara  dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan Gebyar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Sabtu (22/06/2024).

Kegiatan tersebut mengambil tema “Menyiapkan Anak Hebat Menjadi Pemenang Menuju Generasi Emas Indonesia.” Dari murid TK Tunas Harapan ditampilkan pentas seni dan kreativitas murid diantaranya menyanyi, holahop, menari, serta  gerak dan lagu.

Sedangkan dari SDN 2 Kaliaman untuk dimensi kewirausahaan P5 mengadakan pasar kreasi menyajikan berbagai makanan khas dan minuman, untuk membekali kemampuan dalam mengidentifikasi potensi ekonomi local. Selain itu murid-murid juga menampilan berbagai tarian, puisi, drama, gerak lagu. Sementara dari dewan guru SDN 2 Kaliaman menyanyikan  sebuah lagu berjudul “Surat Cinta untuk Muridku”.

Murid kelas 6 SDN 2 Kaliaman yang dilepas bersama dewan guru, 22 Juni 2024. Foto: Hadepe

Kepala TK Tunas Harapan, Tri Harniti, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, kegiatan pelepasan siswa kelompok B TK Tunas Harapan dan kelas VI SDN 2 Kaliaman siswa dapat terselenggara tak lepas dari peran serta dan  kolaborasi  yang luar biasa dari berbagai pihak.

Sucipto, S.Pd, Komite TK Tunas Harapan yang juga merupakan Ketua Komite SDN 2 Kaliaman menyampai harapannya agar kegiatan serupa dapat lebih ditingkatkan, kerjasama yang terjalin indah ini semakin mendapat dukungan dari masyarakat sekitar sehingga sekolah lebih maju dan berprestasi.

Murid TK Tunas Harapan bersama dewan guru, 22 Juni 2024. Foto: Hadepe

Hal senada disampaikan Kepala SDN 2 Kaliaman,  Kusmiati, S.Pd.SD yang menyatakan bahwa  keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kesatupaduan Tri Pusat Pendidikan, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Menurut Kusmiati S.Pd, kerjasama yang baik dari orangtua dan peran serta dari pemerintah desa dalam menggali potensi siswa baik secara akademik maupun non-akademik sudah dirasakan oleh murid-murid di SDN 2 Kaliaman. “Sebagai contoh terselenggaranya P5 adalah berkat peran serta orangtua murid,” ujarnya.

Selain itu  Kusmiati mengungkapkan, untuk menggali potensi siswa dalam bidang olahraga Pemerintah Desa Kaliaman telah menyelenggarakan sekolah sepak bola gratis yang bisa dimanfaatkan siswa SDN 2 Kaliaman untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

Lebih jauh Kusmiati mengungkapkan,  dengan adanya Gelar P5, sekolah berkomitmen untuk menumbuhkan 6 dimensi Profil  Pelajar Pancasila, yakni beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, berkebhinnnekaan global, bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong.

“Terima kasih bapak/ibu orang tua/wali murid, terima kasih Pak Satkor, Pak Petinggi, Komite Sekolah, dan seluruh pihak yang telah membantu sukses dan lancaranya kegiatan ini. Berkat dukungan bapak/ibu semua kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses. Kami optimis dengan semangat kolaborasi dan komitmen akan senantiasa tumbuhkan Profil Pelajar Pancasila melalui Implementasi P5,” ungkapnya.

Sementara kepada murid kelas 6 yang lulus, Kusmiati berpesan untuk menghormati orang tua, lebih rajin belajar, lanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dengan penuh semangat, berkarakter, budi pekerti luhur, jaga nama baik sekolah, gapailah cita-citamu untuk meraih kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya.

Koordinator Satuan Pendidikan Kecamatan Kembang, Nasuka S.Pd  yang juga hadir  menyambut baik adanya pelepasan yang dilaksanakan secara bersama oleh kedua lembaga pendidikan dan dimeriahkan dengan Gebyar P5.

Menurutnya ini menjadi pertanda terciptanya kolaborasi pembelajaran yang bermakna di TK Tunas Harapan dan SDN 2 Kaliaman. Dengan kegiatan ini juga akan terlatih rasa percaya diri, keberanian, dan kreativitas murid.

Nasuka mengungkapkan, SDN 2 Kaliaman merupakan salah satu sekolah unggul di Kecamatan Kembang, sekolah yang hadir menyajikan pembelajaran bermakna, tanamkan nilai-nilai Pancasila melalui implementasi P5, dengan dukungan orang tua dan masyarakat.

“Di wilayah Kecamatan Kembang  baru kali ini ada TK dan SD yang menyelenggarakan pelepasan murid secara bersama seperti ini.  Semoga kegiatan ini bisa ditingkatkan penyelenggaraannya. Kami siap membersamai dan mendukung untuk berprestasi. Selamat dan sukses TK Tunas Harapan dan SDN 2 Kaliaman.,” tutur Nasuka, S.Pd mengapresiasi dan memotivasi.

Hadepe – Kusmiati, S.Pd Kepala SD Negeri 2 Kaliaman