Kepala Disbudpar Kudus Mutrika usai menerima piala penghargaan stand paling kreatif dalam Gelaran Semarak Kabupaten/Kota Kreatif se Jateng di Purwokerto, Minggu, 23 Juni 2024. foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kabupaten Kudus meraih juara 1 dalam even Semarak KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif 2024 tingkat Jawa Tengah yang digelar di Menara Pandang Teratai Purwokerto, Kabupaten Banyumas Jumat – Minggu (21-23/6).

Gelar ini, diberikan sebagai penghargaan atas stand ekonomi kreatif (Ekraf) terbaik yang disuguhkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus.

Dalam even ini, Disbudpar Kudus mendesain apik stan pameran ekraf dengan nuansa klasik ornamen batu-bata merah.  Didalamnya terdapat sejumlah produk ekonomi kreatif asal Kudus, seperti ukiran gebyok rumah adat Kudus ‘Joglo Pencu’, produk fesyen dengan bordir icik, hingga berbagai produk Kopi Muria.

Tak hanya itu, atraksi ukur gebyok ‘Joglo Pencu’ juga dijadikan sebagai wisata edukasi oleh para pelaku ekraf dari Desa Wisata Kaliwungu. Kemudian, ada juga barista dari Paguyuban Kopi Muria yang menampilkan wisata edukasi seduh Kopi Muria.

Kemudian ketika pengunjung datang pun, Tim dari Disbudpar Kudus juga turut memperkenalkan potensi budaya dan wisata yang ada di Kota Kretek.

”Perolehan Juara I stan terbaik ini merupakan salah satu hasil kerjasama semua pihak yang terlibat,” kata Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah Minggu (23/6).

Ia menjelaskan, keikutsertaan Kudus dalam even Semarak KatTa Kreatif 2024 Jawa Tengah ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan potensi ekonomi kreatif, budaya, dan pariwisata yang ada di Kudus kepada masyarakat luas.

Pihaknya berharap potensi  dimiliki Kudus yang dikenal semakin luas oleh masyarakat, bisa  berdampak pada kenaikan tingkat kunjungan wisatawan.

”Tentu dengan upaya getol promosi ini diharapkan mampu menarik masyarakat untuk berlama-lama wisata di Kudus, dan harapanya juga berdampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Ali Bustomi