Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana didampingi Ketua Pengprov Forki Bambang Raya Saputra berfoto bersama tim pelatda karate. Foto: Dok/Tim

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana memotivasi 13 karateka yang saat ini sudah berada dalam gemblengan para pelatih pada pemusatan latihan daerah (Pelatda) untuk menghadapi PON XXI Aceh-Sumut.

Dirinya melakukan monotoring dan evaluasi (monev) di basecamp karate di Bandungan, Kabupaten Semarang, Kamis lalu.

Dalam menyemangati para atlet, dia menekankan pentingnya memegang hakekat bushido. Bona yang didampingi anggota tim monev lainya seperti Sekum Ade Oesman, Kabid Diktar Handoyo, staf KONI Abdul Ghoni dan Indawati secara tegas mengatakan kepada para atlet, bahwa karateka dalam berkiprah harus memegang teguh hakekat bushido.

Ada empat poin sebagai pegangan, yakni kesederhanaan, kesetiaan, penguasaan seni bela diri dan kehormatan sampai mati. Sebagai atlet, maka penguasaan seni bela diri tentu menjadi fokus kalian dalam menghadapi lawan di atas matras.

‘’Kalian ini merupakan atlet pilihan dan karateka terbaik Jateng, maka dengan prinsip tadi, kalian akan menjadi atlet yang tangguh. Saya berharap kalian mampu menjaga harga diri dan mertabat Jateng. Tugas kalian di PON cukup berat, yakni berjuang sekuat tenaga untuk membela kehormatan Jateng,’’ ujarnya, Jumat (21/6/2024).

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Forki Jateng, Bambang Raya Saputra didampingi tim manajer Bambang Wiryawan yang menerima rombongan dari KONI menyebut, persiapan atlet di pelatda berlangsung selama tiga bulan.