Basri Yusuf (kiri) dan Pujiasto. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Tengah, Akhmad Khafidz Basri Yusuf mengatakan, bulu tangkis menyiapkan 26 pemain yang masuk longlist untuk proyeksi PON. Hingga masa entry by name, nantinya tinggal 14 pemain dengan perincian 7 atlet putra, 7 atlet putri.

Menurut dia, pihaknya hanya menargetkan satu medali emas di PON XXI/2024 pada September mendatang, di Aceh-Sumatera Utara. Kekuatan di sektor putra masih menjadi tumpuan Jateng untuk merebut emas PON.

Disebutkan dia, optimisme meraih emas merujuk pada potensi Jateng yang memiliki sejumlah pemain andalan. Salah satunya Mohamad Zaki Ubaidillah, yang sudah malang melintang di berbagai kejuaraan dan bertabur prestasi Nasional.

BACA JUGA: Fakultas Ekonomi Unissula Melepas 339 Wisudawan

Pada 2023 lalu, Ubaidillah bersinar usai sukses merengkuh enam gelar juara, baik Nasional maupun internasional. Pada level Nasional, pemain yang akrab disapa Ubed itu, berjaya dengan menjuarai Sirkuit Nasional A Jawa Barat.

Gelar lainnya yang berhasil diraih yakni, Sirkuit Nasional A Jawa Timur, Sirkuit Nasional A Banten, serta dua turnamen di akhir tahun, Sirkuit Nasional Premier DKI Jakarta dan Kejuaraan Nasional PBSI Perseorangan 2023.

Ubed juga menempati posisi semi finalis Dutch Junior Grand Prix, serta Malaysia Junior International Challenge 2023.

BACA JUGA: Patuhi Imbauan Pemerintah, MAJT Bagikan Daging Kurban Gunakan Pembungkus Ramah Lingkungan

”Kami memandang target satu emas adalah hal yang realistis. Peluang bisa di nomor tunggal putra atau beregu putra. Salah satu pemain yang kami andalkan adalah Ubed. Dia juga bakal turun di Asia Junior Championships di Yogyakarta,” kata Basri Yusuf dalam keterangannya di Semarang, belum lama ini.

Menurut legenda bulu tangkis Indonesia itu, peta rivalitas di PON diprediksi masih pada Provinsi Jabar dan DKI Jakarta. ”Sesuasi aturan PB PON, pemain yang boleh berlaga hanya kelompok U-21, dan bukan penghuni Pelatnas. Jadi akan lebih kompetitif,” tandas mantan pelatih yang pernah memoles Hariyanto Arbi dan Denny Kantono itu.

Sementara itu, Manajer Pelatda PON Bulutangkis, Pujiasto menambahkan, para pemain yang masuk longlist tengah ditempa di Jakarta. Untuk kelolompok putra digembleng di Kedoya, sedangkan putrinya Petamburan.

BACA JUGA: Payung Hukum BPR Giri Suka Dana Telah Kadaluarsa

”Sejauh ini belum ada kendala yang berarti. Anak-anak masih menjalani latihan, dan kami yakin tim yang berangkat ke PON adalah tim terbaik yang kami punya,” ungkapnya.

Dia juga menyatakan, tim bulu tangkis Jateng tak ingin memasang target muluk-muluk atau berandai-andai di PON nanti. Para pemain Jateng saat ini ditangani para pelatih andal, seperti Dionysius Hayom Rumbaka, Hadi Saputra, Engga Setiawan dan Lukman Hakim.

Riyan