Sejumlah pengurus dan anggota KKG Gugus Harapan Kecamatan Mlonggo berfoto bersama narasumber seminar ide penulisan artikel di SDN 4 Sinanggul Sabtu, 15 Juni 2024. Foto: Hadi Priyanto.

JEPARA(SUARABARU.ID) – Meski tidak lagi menjadi syarat kenaikan pangkat, kompetensi menulis artikel tetap diminati di lingkungan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Harapan, Kecamatan Mlonggo. Hal itu terlihat saat KKG Daerah Binaan (Dabin) I Satkordik Kecamatan Mlonggo itu melakukan pertemuan rutin di SDN 4 Sinanggul pada Sabtu (15/6/2024). Pertemuan itu mereka manfaatkan untuk menggelar seminar bertajuk “Menggali Ide Penulisan dengan Pertanyaan-Pertanyaanm Sederhana”.

Ketua KKG Gugus Harapan Dabin I Satkordikcam Syaifur Rohman menyebut, menulis merupakan materi yang tidak lekang oleh waktu, terlebih bagi kalangan pendidik.

Pihaknya menghadirkan penyusun naskah sambutan Pemkab Jepara Sulismanto sebagai narasumber. Selain PNS yang sehari-hari bertugas di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Jepara, pria yang akrab dipanggil Maman ini menyebut, narasumber adalah penulis berbagai rubrik di beberapa media.

“Ini memotivasi kami untuk bisa menggali ide, lalu menyusun artikel dengan baik,” kata dia.

Saat memberi sambutan, Ketua Dabin I Satkordik Kecamatan Mlonggo Enny Nuryatie mengungkapkan rasa bangganya atas inovasi pengurus KKG Gugus Harapan.

 

Dia memotivasi para guru untuk senantiasa meningkatkan kompetensi, termasuk penguasaan teknologi informasi. Sedangkan dalam aktivitas mengajar, tambahnya, guru yang baik adalah yang kehadirannya dirindukan siswa.

“Terima kasih, dalam kegiatan ini, hampir 100 persen anggota KKG hadir,” kata dia.

Hanya para guru dari SDN 4 Jambu yang tidak bisa hadir karena pertemuan itu berlangsung pada saat yang sama dengan acara pelepasan siswa di sekolah tersebut. Kehadiran peserta, kata Enny, tidak semata-mata dilatarbelakangi motivasi untuk mendapat sertifikat, melainkan belajar.

 

Dia memotivasi para guru untuk senantiasa meningkatkan kompetensi, termasuk dalam penguasaan teknologi informasi. Sedangkan dalam aktivitas mengajar, tambahnya, guru yang baik adalah yang kehadirannya dirindukan siswa.

Hadepe