Salah satu laga di nomor tunggal putri, yang menyajikan pertarungan seru. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebuah hasil yang memuaskan diraih klub asal Kota Kudus, PB Djarum, pada kejuaraan bulu tangkis Graha Padma Walikota Cup 2024. Dari 15 wakilnya yang bertanding di babak semi final, Jumat (14/6/2024), sebanyak 11 di antaranya berhasil meraih kemenangan, sekaligus memastikan diri melaju ke partai final.

Salah satunya di kategori Tunggal Anak Putri, yang mempertemukan sesama wakil PB Djarum, dan dimenangkan unggulan kedua, Jordana Alexa Mongkareng. Dia berhasil menang straight set 21-5, 21-15 dalam tempo 21 menit. Jordana menang atas Nafla Berly Syakira Al Habsy, yang menempati unggulan ketiga.

”Saya bermain seperti biasa saja. Lawan sering bikin kesalahan sendiri. Setelah istirahat, saya berupaya menjaga jarak poin lebih jauh. Puji Tuhan, saya bisa meraih kemenangan,” kata dia.

BACA JUGA: Bupati Wonosobo Lakukan Kick off Penanganan Jalan Rusak

Selain Jordana, atlet PB Djarum lainnya yang berhasil maju ke final adalah, unggulan teratas, pasangan Oka Faiq Januar/Nur Hafidzah Afifah, yang bermain di kategori Ganda Pemula Campuran (GPC). Mereka berhasil mengalahkan unggulan ketiga Rizky Caesar Ramadhan/Aqelatul Amaliayah Rahma dengan skor 21-18, 18-21, 21-16.

”Pertandingan semi final ini memang ketat, belum lagi pertahanan mereka sangat solid. Kalau kita membuat kesalahan, Rizky/Aqela bisa dengan cepat langsung merebut poin dari kita,” tutur Nur Hafidzah.

Memasuki hari kelima kejuaraan atau babak semi final, para atlet kelompok usia pembinaan U11 (usia dini), U13 (anak-anak), dan U15 (pemula), saling berjuang di 11 nomor pertandingan, demi menjaga asa meraih podium juara.

BACA JUGA: Tekad Seorang Buruh Percetakan, Kuliahkan Empat Anak di SCU dan Lulus

Graha Padma Walikota Cup 2024, merupakan kejuaraan swasta nasional yang masuk dalam kalender PBSI, dan mendapatkan peringkat poin nasional. GOR Graha Padma, Semarang, menjadi lokasi para calon bintang bulu tangkis masa depan ini, dalam meraih kemenangan demi mengamankan tiket ke partai final yang digelar Sabtu (15/6/2024).

Ketua Panitia Pelaksana Graha Padma Walikota Cup 2024, Yuni Kartika menjelaskan, event ini difokuskan pada kategori U11, U13 dan U15. Karena itu merupakan tiga kategori utama dalam pembinaan dan pembibitan awal atlet bulu tangkis.

”Ketiga kategori ini menjadi pilar utama pembinaan bulutangkis di Indonesia. Kemudian kejuaraan ini juga masuk dalam kalender PBSI. Jadi kalau melihat jumlah peserta, meski hanya tiga kategori, tapi jumlah pesertanya sangat banyak, hampir mencapai 1.000,” ujar Yuni Kartika, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I PBSI Jawa Tengah.

Disampaikan juga, persaingan ketat dan kompetitif berhasil tersaji dalam kejuaraan yang total diikuti sebanyak 826 atlet, dari berbagai klub di Indonesia. Dia menyebutkan, hal itu menjadi indikasi, pembinaan di tingkat klub terhadap atlet-atlet belia juga berjalan dengan baik.

Riyan