Seorang peserta saat mengikuti skill challenge dribling bola dalam Milklife Soccer Challenge series 2 tahun 2024 di Supersoccer Arena Rendeng Kudus, 10-15 Juni 2024. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – SD Muhammadiah Birrul Walidain Kudus sukses memborong tiga gelar skill challenge dalam gelaran Milklife Soccer Challenge yang diselenggarakan di Supersoccer Arena (SSA) Rendeng Kudus, 10 Juni sampai 15 Juni 2024.

Melalui tim A yang diturunkan, sejumlah pemain andalannya berhasil memenangi tiga kategori sekaligus yakni 1 on 1, penalty shoot dan passing & control.

Salah satu pemenang Skill Challenge dari KU 10 ialah SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus A yang berhasil membawa pulang tiga kategori sekaligus yakni 1 on 1, penalty shoot dan passing & control. Pemain andalan mereka, Devina Evelyn Utomo mengungkapkan mengikuti Skill Challenge merupakan tantangan tersendiri, namun terasa menyenangkan sehingga membuatnya termotivasi untuk terus berlatih.

“Seru sekali ikut Skill Challenge. Paling suka 1 on 1 karena harus benar-benar fokus. Aku juga jadi kiper saat penalty shoot, ternyata sulit menebak ke mana arah bola. Seneng dan bangga bisa menang tiga kategori. Pokoknya aku ingin terus latihan biar bisa jadi pemain handal,” ucap Evelyn.

Pada KU 12 para siswi dari SDUT Bumi Kartini Jepara juga sukses memboyong tiga piala sekaligus untuk tantangan shoot on target, dribbling, dan 1 on 1. Salah satu siswi asal SD tersebut yang baru mengikuti Skill Challenge, Naura Hasna El Tsaqif mengaku sangat gembira karena mendapatkan pengalaman baru dan menjadi penentu kemenangan, saat timnya berhadapan dengan SDIT Al Islam Kudus di laga final 1 on 1.

“Ini pertama kalinya ikut Skill Challenge, seneng banget bisa mendapatkan pengalaman baru. Karena memang 1 on 1 dan kategori lainnya berpengaruh banget saat bertanding. Kita harus bertahan ketika berhadapan dengan lawan yang body balance-nya bagus, bagaimana menggocek, passing yang akurat, sampai kerjasama tim,” ungkap Naura.

Skill Challenge merupakan salah satu bagian dari rangkaian Milklife Soccer Challenge series 2 tahun 2024. Uji ketangkasan tersebut  meliputi passing & control, dribbling, shoot on target, penalty shoot dan 1 on 1. Lima challenge tersebut dirancang untuk melatih kemampuan teknik dasar maupun penguasaan bola atau ball mastery

Sementara sebagai turnamen utama menampilkan laga 7 vs 7 yang hingga hari ini masih dalam babak penyisihan grup. Rencananya, fase gugur akan digelar pada Sabtu (15/6).

Milklife Soccer Challenge merupakan turnamen yang digagas oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation dan MilkLife ini bagi pesepakbola putri kelompok usia 10 tahun dan 12 tahun. Tak kurang dari 1.050 siswi dari 62 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari Kudus, Pati, dan Jepara ikut meramaikan ajang ini.

Kepala Pelatih MilkLife Soccer Challenge, Timo Scheunemann, yang memiliki lisensi UEFA A di Jerman sejak tahun 2007 turut memantau perkembangan kemampuan para siswi dalam mengolah ‘si kulit bundar’. Timo mengatakan, tema Skill Challenge merupakan hal paling dasar dalam bermain sepak bola yang nantinya akan berguna saat para siswi bertanding dalam sistem kompetisi.

“Semua hal di Skill Challenge sangat berhubungan dengan pertandingan. Karena teknik penguasaan bola atau ball mastery merupakan tahap pertama yang harus dikuasai ketika mulai bermain bola. Bagaimana bisa mengolah bola, lalu bola bisa mengikuti kemauan kita, dan menyentuh bola dengan semua sisi kaki. Jadi kita ingin melihat sejauh mana perkembangan kemampuan para siswi,” kata Timo saat memantau jalannya Skill Challenge di Supersoccer Arena Rendeng, Kudus Jumat (14/6).

Menurut Timo, dalam proses talent scouting, Skill Challenge membantu untuk melihat talenta para putri apakah memiliki kelebihan tertentu dalam bermain sepak bola. Seperti 1 on 1 yang merupakan gabungan semua teknik dasar penguasaan bola baik dribbling, passing, control dan shooting.

Sepanjang tahun ini, MilkLife Soccer Challenge akan diselenggarakan sebanyak 18 kali di delapan kota yakni Kudus (Maret, Juni, September & Desember), Surabaya (Mei & September), Jakarta (Juni & November), Tangerang (Juni & November), Bandung (Juni & Oktober), Yogyakarta (Juli & Oktober), Solo (Juli & Oktober) dan Semarang (Agustus & November). Setelah itu, juga ada MilkLife Soccer Challenge All Stars pada Januari 2024 yang mempertandingkan para pemain terpilih dari delapan kota gelaran hasil pantauan talent scouting.

Ali Bustomi