PENGHARGAAN - Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid menyerahkan penghargaan kepada siswa-siswi yang berprestasi, dalam acara wisuda akbar Yayasan Pendidikan Al-Irsyad Kota Pekalongan, Rabu, 12 Juni 2024. (Foto: Dinkominfo Pemkot Pekalongan)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid memberikan motivasi kepada ratusan siswa dan siswi Yayasan Pendidikan Al-Irsyad Kota Pekalongan dalam acara Wisuda Akbar Tahfidz dan Wisuda Sekolah Yayasan Al-Irsyad, berlangsung di Gedung Amanjiba Kota Pekalongan, Rabu (12/6/2024).

Mas Aaf, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa wisuda akbar ini baru pertama kali diselenggarakan Yayasan Al-Irsyad. Dalam wisuda kali ini menggabungkan penglepasan siswa-siswi dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Menurutnya, Yayasan Sekolah Al-Irsyad merupakan salah satu yayasan pendidikan swasta yang sudah melegenda dan terbaik di Kota Pekalongan.

“Alhamdulillah, saya melihat komitmen dari semua pengurus yayasan yang mayoritas masih muda-muda dengan visi dan misi masih sangat luas sekali. Mudah-mudahan ke depan Yayasan Al-Irsyad masih bisa terus bersinergi dengan Pemkot melalui Dinas Pendidikan untuk bersama-sama memajukan kualitas pendidikan di Kota Pekalongan,” tuturnya.

Mas Aaf menilai, hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Pekalongan yang kedua yaitu meningkatkan akses dan mutu pendidikan masyarakat Kota Pekalongan. Pihaknya juga mengapresiasi atas lancar dan meriahnya kegiatan wisuda akbar ini, yang juga diselingi dengan pembukaan bazar dan pemberian penghargaan kepada siswa-siswi yang berprestasi.

“Bahkan, tadi ada siswa yang diberikan penghargaan karena sudah hafal 30 juz. Tentu ini sangat luar biasa dan membanggakan. Semoga dalam menyongsong Menuju Indonesia Emas nanti ada putra dan putri asal Kota Pekalongan, salah satunya lulusan Al-Irsyad yang mampu mengharumkan nama Kota Pekalongan di kancah Jawa Tengah, Nasional maupun Internasional,”harapnya.

Ketua Yayasan Al Irsyad Kota Pekalongan, Isa Salim At-Tamimi menyebutkan, total ada 222 wisudawan/wisudawati dari jenjang satuan pendidikan SD, SMP, dan SMA Al Irsyad.  Terdiri dari 86 pelajar SD, 62 pelajar SMP, dan 74 pelajar SMA. Isa mengaku bersyukur, kegiatan wisuda akbar yang menggabungkan wisuda seluruh jenjang di Yayasan Al-Irsyad dari SD, SMP, dan SMA bisa berjalan dengan lancar dan meriah.

“Kami juga gabungkan dengan kegiatan dari wali murid untuk membuat bazar. Disamping itu, turut diramaikan beberapa stan dari instansi-instansi terkait. InshaAllah kegiatan ini kami upayakan rutin diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kami dalam keberhasilan dan capaian dari yayasan pendidikan kami yang juga mendapat dukungan dari internal Yayasan Al-Irsyad maupun Pemkot,” papar Isa.

Isa menekankan kepada lulusan maupun peserta didik di Yayasan Pendidikan Al-Irsyad, selain muatan pendidikan umum yang terus didorong, terkait muatan-muatan diniyah khususnya pendidikan Tahfidz (menghafalkan Al- Quran) juga terus ditingkatkan dan diajarkan kepada mereka.

“Sehari-hari, dari jam 0 kami mulai dengan Tahfidzul Quran dengan sistem Halaqah yaitu berkumpul 10 anak dengan 1 orang guru, lalu penghafalan Quran dimulai. Kemudian, nanti masuk pada jam pertama sekolah. Sehingga, hafalan Quran kepada peserta didik ini kami upayakan untuk bisa ditingkatkan,” pungkasnya.

Nur Muktiadi