Bersama guru siswa belajar keberagaman

Oleh : Itta Muyassyaroh

JEPARA (SUARABARU.ID) – SDN 4 Kaliaman melaksanakan sosialisasi tentang kebinekaan atau keberagaman pada  Rabu,  12 Juni 2024. Sosialisasi diikuti murid kelas 1 sampai 6 yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Sosialisasi dilakukan dengan tujuan anak paham tentang kebinekaan. Sebab perbedaan akan semakin indah dah berwarna jika dipahami dengan benar. Dalam penyampaian materi tadi, murid diminta untuk membayangkan apabila setiap manusia sama. Apa yang terjadi? Pasti akan bingung karena tidak mampu untuk membedakan.

Kemasan acara yang menarik membuat anak antusias ikuti pembelajaran kebinekaan

Materi yang disajikan ada lima topik. Diantaranya dunia yang berwarna, negeri penuh harmoni, damai mulai dari diri, sekolahku yang bhineka, dan sekolahku yang damai. Murid sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi kebinekaan ini. Terbukti ketika diminta maju dengan cepat dan semangat.

Dalam kegiatan murid diajak untuk bermain secara berkelompok. Ada empat kelompok yang terbagi menjadi beberapa suku. Masing-masing suku menjawab pertanyaannya yang diberikan. Pertanyaan pertama, ketika tidur nyaman dengan lampu mati atau hidup. Pertanyaan berikutnya, saat membeli bubur ingin diaduk atau tidak.

SDN 4 Kaliaman melaksanakan sosialisasi tentang kebinekaan atau keberagaman

Nah, dari pertanyaan tersebut murid diajak berani mengungkap pendapat tanpa khawatir pilihannya berbeda dengan temannya. Bahwasanya berbeda itu boleh. Dari permainan tadi agar setiap murid merasa merdeka dengan pilihannya tanpa rasa takut.

Kemudian untuk topik yang terakhir sekolahku damai. Pemaparan tentang stop bullying. Murid semakin antusias menunggu poster menarik yang disajikan. Diselingi ice breaking tepuk dan lagu profil pelajar pancasila.

Materi stop bullying menyajikan poster berupa enam kekerasan di lingkungan sekolah yang perlu diketahui dan dijauhi. Diantaranya kekerasan fisik, kekerasan psikis, perundungan/bullying, kekerasan seksual, diskriminasi dan intoleransi, kebijakan yang mengandung kekerasan.

Dengan kegiatan sosialisasi ini, penulis berharap SDN 4 Kaliaman semakin berkarakter dan maju dalam segala bidang. Mari bersama menciptakan lingkungan belajar yang merdeka.

Penulis adalah Kepala   Sekolah SD Negeri 4 Kaliaman