Gelar karya P5RA di MAN 1 Wonosobo berlangsung cukup semarak dan meriah. Foto : SB/Humas MAN 1

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-MAN 1 Wonosobo, sejak Selasa (11/6) kemarin hingga Rabu (12/6/2024) hari ini, menggelar perayaan belajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5RA) di halaman madrasah setempat.

Siswa-siswi Kelas X dan XI MAN 1 Wonosobo dalam kegiatan P5RA dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan dan Bhineka Tunggal Ika” itu, menampilkan berbagai karya kreatif berbasis lingkungan, pentas seni budaya dan drama bernafas “Bhineka Tunggal Ika”.

Ketua Panitia PP5RA MAN 1 Wonosobo Uma Rohima mengatakan siswa-siswi yang tampil melalui pentas karya kreatif dan seni menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan yang tercermin hasil karya yang mendukung gaya hidup berkelanjutan dan Bhineka Tunggal Ika.

“Gelar karya P5RA itu bertujuan untuk memberikan kesempatan pada siswa menunjukan bakat dan kemampuan dalam berbagai bidang. Tidak hanya dalam bentuk produk, tetapi juga berupa unjuk potensi diri sesuai bakat dan minat siswa masing-masing,” katanya.

Selain itu, lanjut Uma, gelar karya P5RA, merupakan implementasi atas ide-ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh siswa-siswi sesuai dengan karya yang telah dipilih di kelompoknya masing-masing.

“Kelas XI memeriahkan P5RA dengan menggelar bazar, sendra tari, tarian khas daerah, adat pernikahan, drama musikal dan fashion show yang mengangkat kekayaan budaya dan tradisi dari berbagai provinsi di Indonesia,” imbuh dia.

Para siswa menunjukkan kreativitas dan bakat mereka dalam merancang busana dan menari dengan penuh semangat. Tiap siswa berkolaborasi dan bersinergi untuk menciptakan karya dan seni untuk ditampilkan di dalam panggung terbuka.

Kelestarian Lingkungan

Siswa yang habis pentas seni di acara gelar karya P5RA di MAN 1 Wonosobo foto bersama. Foto : SB/Humas MAN 1

Sementara itu, Kelas X MAN 1 Wonosobo menggelar pameran yang menampilkan hasil karya kreatif mereka yang dibuat selama dua minggu. Hasil karya dan pentas seni mereka mendapat sambutan antusias dari seluruh siswa yang menonton.

“Karya-karya tersebut dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang dan ramah lingkungan, sejalan dengan tema gaya hidup berkelanjutan,” beber Uma, yang juga Waka Kurikulum MAN 1 Wonosobo itu.

Guru Kesenian MAN 1 Wonosobo Teguh Widodo menambahkan kegiatan P5RA diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para siswa tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menghargai perbedaan.

“Mereka juga diharapkan bisa menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Gelar karya P5RA yang dilakukan merupakan wujud nyata kreatifitas siswa yang bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Gelar karya PP5RA ini, sambung Teguh, juga menjadi wadah bagi para siswa untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mereka. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kemandirian.

Bagian Publikasi Humas MAN 1 Wonosobo Ika Rahmawati menyebut giat P5RA tahun 2024 ini mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, baik dari orang tua siswa, guru, siswa maupun masyarakat luas.

“Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi madrasah lain untuk menyelenggarakan kegiatan serupa dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter,” pungkasnya.

Muharno Zarka