Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menghadiri pelantikan pengurus DPC Lindu Aji Kota Semarang periode 2024-2029 di Balai Kota Semarang, Senin (10/6/2024) malam. Foto: HP

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Herlambang Prabowo resmi menjabat sebagai Ketua DPC Lindu Aji Kota Semarang. Herlambang Prabowo dan jajaran pengurus periode 2024-2029 dilantik oleh pejabat DPP Lindu Aji di Balai Kota Semarang, Senin (10/6/2024) malam.

Pelantikan ini dihadiri oleh Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Penasihat DPP Lindu Aji, Bambang Raya, dan pengurus DPP Lindu Aji Untung Budiarso, beserta jajaran lainnya.

Usai pelantikan, Herlambang Prabowo mengaku siap untuk bersinergi dengan Pemkot Semarang dalam program pemberdayaan masyarakat. Program-program yang akan digencarkan yakni pemberdayaan masyarakat melalui UMKM-UMKM dan penataan wilayah yang nanti bisa dimanfaatkan untuk banyak kalangan.

Herlambang Prabowo, Ketua Lindu Aji Kota Semarang. Foto: Dok

Ke depan, ia juga akan menugaskan semua pengurus untuk mencari informasi apa yang dibutuhkan untuk masyarakat. Hasilnya nanti akan ia koordinasikan dengan stakeholders di Kota Semarang untuk tindak lanjutnya.

“Jadi masih banyak hal yang perlu kita gali. Saya akan tugaskan semua pengurus menggali apapun yang dibutuhkan, nanti kita akan koordinasikan agar bisa bermanfaat untuk masyarakat,” bebernya.

Selain itu, ia juga akan terus kembali mengangkat potensi yang dimiliki Lindu Aji, salah satunya dalam bidang olahraga bela diri yang telah dibangun sejak beberapa tahun silam. Menurutnya hal ini sangat penting mengingat olahraga bela diri di Kota Semarang sangat berpotensi dan bisa menumbuhkan bibit-bibit unggul.

Seperti diketahui, selama ini Lindu Aji memiliki sasana bela diri yang sudah berkiprah di kancah nasional. Bahkan banyak atlet Lindu Aji yang berprestasi di berbagai cabang olahraga bela diri, khususnya seni bela diri campuran atau lebih dikenal dengan sebutan mixed martial arts (MMA).

“Kami juga akan berusaha mengubah stigma Lindu Aji yang selama ini dianggap sebagai organisasi ‘sangar’, menjadi lebih humanis tapi tetap memiliki prestasi. Kami harapkan Lindu Aji memiliki peran yang positif bagi masyarakat, termasuk dalam hal pengembangan olahraga. Selain itu kami juga akan menyiapkan program-program pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan pertanian, peternakan, dan budidaya lainnya,” katanya.

Sementara dalam kesempatan itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan siap bersinergi dan berkolaborasi bersama Lindu Aji dalam memajukan Kota Semarang.

Menurut Ita, sapaan akrabnya, hal ini memang perlu dilakukan mengingat peran-peran Lindu Aji seperti pemberdayaan masyarakat sangat dibutuhkan. Apalagi Lindu Aji merupakan organisasi yang sudah memiliki nama besar di Kota Semarang dan Jawa Tengah.

“Lindu Aji merupakan satu organisasi sejak beberapa tahun lalu yang didirikan untuk berkolaborasi dengan pemerintah, agar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Ita juga meminta kepada Ketua Lindu Aji yang baru dilantik beserta jajarannya untuk terus berkoordinasi terkait kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Ia memastikan bakal men-support apa pun kebutuhan yang perlu untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya kegiatan positif yang memberi dampak positif pula pada masyarakat.

Apalagi Ita juga sudah mengenal pribadi Herlambang Prabowo, mengingat saat ini menjadi Anggota DPRD Kota Semarang. Menurutnya, hal ini sangat mempermudah untuk membahas program-program untuk pembangunan Kota Semarang.

“Tentu (Lindu Aji) akan banyak menampung aspirasi masyarakat, sehingga bisa menyampaikan ke Pemkot Semarang untuk bagaimana bisa memberikan support kepada masyarakat. Ini kita siap berkolaborasi dan nanti apa-apa yang dibutuhkan kita siap,” paparnya.

Hery Priyono