Petani bersama Tentara Kradenan semprot padi di sawah Desa Nglebak. Senin, 10 Juni 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Hama dan penyakit tanaman membuat pertumbuhan dan perkembangan tanaman tidak maksimal, biasanya penyebab suatu tanaman tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal disebabkan karena penyakit yang menyerang serta hama pengganggu.

Upaya mengantisipasi serangan hama penyakit pada tanaman padi para petani melakukan penyemprotan secara rutin, dan Babinsa Koramil 10/Kradenan giat melaksanakan  pendampingan penyemprotan tanaman padi milik petani di Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Senin (10/6/2024).

Pada kesempatan itu, seorang petani yang mendapat pendampingan dari Babinsa Kradenan warga Desa Nglebak, Kiswanto mengapresiasi hadirnya Babinsa ditengah-tengah mereka, menurutnya apa yang dilakukan babinsa ini menjadi penyemangat dalam mengantisipasi serangan hama penyakit di sawah.

“Sangat membantu meringankan kegiatan penyemprotan tanaman padi kali ini, antisipasi serangan hama penyakit,” ujar Kiswanto.

Kiswanto mengatakan bahwa penyemprotan yang dilakukan pada tanaman padi dengan tujuan untuk menjaga tanaman agar terhindar dari segala gangguan hama penyakit.

“Agar pertumbuhannya tetap optimal yang pada akhirnya dapat memproduksi hasil panen padi maksimal,” harap Kiswanto.

Sementara itu, Babinsa Koramil 10/Kradenan Kodim 0721/Blora, Sertu Nyoto menyampaikan bahwa keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat, dengan begitu warga akan terpenuhi persediaan pangan.

“Jadi pendampingan kali ini yaitu melaksanakan penyemprotan hama penyakit padi, harapannya kedepan tidak ada gangguan hama sehingga  panennya berhasil dan bisa  melimpah,” ungkap Sertu Nyoto.

Kudnadi Saputro