Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Unissula bersama Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai-Nilai Islam (LKPI) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffazh (JQH) menyelenggarakan Seminar Pelatihan Muqri’ Thariqah Yanbu’a, Senin (10/06/2024).

Kegiatan tersebut bertujuan mencetak generasi umat yang cinta pendidikan Qur’an dan mengamalkannya dengan metode Yanbu’a. Metode Yanbu’a terkenal efektif dalam mengajarkan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an.

Hadir sebagai pemateri KH Ulil Albab Arwani. Ia adalah pengasuh Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus. Berlaku sebagai moderator Dr Sugeng Hariyadi Lc MA.

Di depan 336 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan umum, pemateri menyampaikan metode Yanbu’a secara komprehensif. Selain itu peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktikkan metode tersebut secara langsung.

Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD sangat mengapresiasi penyelenggaraan seminar. “Ini bisa sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur’an di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Harapannya seminar ini bisa menjadi momentum untuk membangun generasi Qur’ani yang tidak hanya paham, tetapi juga mampu mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya dalam seminar yang diadakan di Aula FE Unissula tersebut.