Seorang pemohon pewarganegaraan asal USA, Hassanain Mohammad Na’im mengikuti uji wawancara di Kanwil Kemenkumham Jateng. Foto: Dok/Humas (4/6/2024) 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah kembali melakukan uji wawancara terhadap seorang pemohon pewarganegaraan di Ruang Rapat Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Selasa (4/6/2024).

Langkah ini merupakan bagian dari pemberian layanan Permohonan Pewarganegaraan Republik Indonesia yang diajukan oleh Warga Negara Asing (WNA).

Dalam kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto yang diwakili Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggiat Ferdinan memimpin sekaligus membuka kegiatan.

“Tim verifikasi mengajukan sejumlah pertanyaan mulai wawasan kewarganegaraan, pajak dan tindakan kriminal serta riwayat kesehatan,” ujar Anggiat.

Hadir sebagai pewawancara, Perwakilan dari Polda Jawa Tengah, Perwakilan dari Dinpermadesdukcapil Provinsi Jateng, Pewakilan Kanwil Kemenag Jateng, Perwakilan dari Kanwil DJP Jateng, serta Dinkes Provinsi Jateng.

Adapun seorang pemohon pewarganegaraan adalah Hassanain Mohammad Na’im yang merupakan WNA asal USA.

Dalam pelaksanaannya, pemohon diajukan pertanyaan dengan metode wawancara berupa pemahaman Pancasila, Presiden, sejarah Indonesia serta meminta pemohon untuk menyayikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Diketahui, kewarganegaraan Republik Indonesia dapat diperoleh melalui proses pewarganegaraan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006. Pada pasal 8 disebutkan bahwa permohonan pewarganegaraan dapat diajukan oleh pemohon jika memenuhi persyaratan, salah satunya wawancara ini.

Ning S