Pasangan Samani-Bellinda saat menyerahkan pakta integritas kepada Ketua DPD PAN Kudus Hj Endang Kursistiyani. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Setelah berhasil mendapatkan rekomendasi dari Partai Nasdem, bakal calon bupati Kudus Sam’ani Intakoris dikabarkan juga sudah mengantongi rekomendasi dari PAN. Dengan demikian Sam’ani kini telah memiliki enam kursi dari total 9 kursi partai yang ada di DPRD Kudus sebagai minimal syarat untuk mendaftar ke KPU.

Bocoran surat rekomendasi PAN untuk Sam’ani tersebut tersebar sebuah wa group. Dalam rekomendasi bernomor 037/PILKADA/IV/2024 tersebut diterbitkan oleh DPP PAN dan ditandatangani oleh tim Pilkada DPP PAN yakni Viva Yoga Mauladi, Yandri Susanto dan Pangeran K.Saleh.

Dalam rekomendasi tertanggal 29 April 2024 tersebut, disebutkan bahwa tim Pilkada DPP PAN menyetujui dan merekomendasikan kepada Dr. Ars Sam’ani Intakoris sebagai Bakal Calon  Bupati Kudus 2024-2029.

Dalam surat tersebut juga disampaikan bahwa Tim Pilkada DPP PAN juga menugaskan kepada Bakal Calon untuk mencari pasangan sebagai Calon Wakil Bupati Kudus, mendapakan koalisi partai politik untuk memenuhi persyaratan pencalonan, melakukan komunikasi intensif dengan DPW, DPD, DPC, dan DPRt PAN untuk menggerakkan mesin partai dan membuat program pemenangan Pilkada 2024.

Baca Juga:

Nasdem Berikan Rekomendasi ke Samani-Bellinda sebagai Pasangan Cabup-Cawabup Kudus

Selain itu, Tim Pilkada DPP PAN juga meminta Sam’ani melaksanakan kerja-kerja politik yang cerdas, cepat, dan konsisten agar dapat memenangkan Pilkada tahun 2024, serta sanggup menanggung/membayar biaya survey oleh Lembaga survey yang ditunjuk oleh DPP PAN.

Sementara, Ketua DPD PAN Kudus Hj Endang Kursistiyani saat dikonfirmasi atas terbitnya rekom tersebut enggan memberikan penjelasan. Dia menegaskan akan mengumumkan rekom partainya pada saat yang tepat.

“Insyaallah akan kami sampaikan pada saatnya,”kata Endang.

Meski belum memberikan statemen pasti, namun sinyal dukungan PAN untuk Sam’ani dalam Pilkada Kudus sudah terlihat sejak masa penjaringan. Saat itu Sam’ani bersama pasangannya Bellinda Putri Birton hadir saat launching penjaringan cabup-cawabup yang diselenggarakan oleh PAN yang dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus tingkat DPD hingga DPC.

Meski pada kelanjutannya Ketua DPC PDIP H Masan ikut menyerahkan berkas pendaftaran, namun dilakukan setelah launching dilaksanakan.

Dengan adanya rekomendasi tersebut, Sam’ani memiliki potensi besar untuk memenuhi syarat minimal kursi parpol untuk tiket mendaftar sebagai Cabup-Cawabup ke KPU Kudus. Selain PAN dan Nasdem, dikabarkan Sam’ani juga sudah mendapatkan dukungan dari beberapa partai lainnya.

Ali Bustomi