Ketua DPD PSI Kota Semarang, Melly Pangestu.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dinamika politik di Kota Semarang terus bergeliat, sejumlah partai politik (parpol) dan tokoh yang terlibat dalam Pilkada Kota Semarang (Pilwakot) terus melakukan manuver dalam rangka menyukseskan kontestasi tersebut.

Terbaru, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Semarang, memberikan sinyal kalau akan ada bakal calon yang mendapatkan surat tugas dari Ketua DPP PSI, Kaesang Pangarep, untuk melaju di Pilwakot Semarang 2024.

Ketua DPD PSI Kota Semarang, Melly Pangestu, saat diwawancarai menegaskan bahwa tidak menutup kemungkinan para bakal calon walikota dan wakil walikota Semarang yang ada saat ini mendapat surat tugas dari DPP PSI.

“Selain Ade Bhakti yang memang sudah mendapatkan surat tugas dari Ketua DPP PSI, tidak menutup kemungkinan ada lagi yang lainnya. Surat tugas tersebut isinya menugaskan untuk bisa berkomunikasi dengan partai lainnya untuk berkoalisi,” kata Melly, Senin (3/6/2024).

Tapi, kata Melly, harus diingat, surat tugas itu nantinya bukan untuk satu orang, dua atau tiga kita tidak tahu, dan surat itu sifatnya bukan rekomendasi dari DPP PSI,” katanya.

Melly menambahkan, bahwa semua calon lain yang mendaftar semua bisa jadi berpeluang juga menerima surat tugas, dan belum menutup kemungkinan yang ada.

“Karena saat ini, proses masih dinamis dan terbuka untuk berkomunikasi dengan partai-partai lainnya, yang memiliki kursi DPRD atau dukungan dari partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), atau partai di luar KIM,” katanya.

Selain Ade Bakti, tokoh lain yang juga mendaftar melalui penjaringan pendaftaran kepala daerah PSI Kota Semarang beberapa waktu lalu masih ada Iswar Aminuddin yang juga sekretaris Daerah Kota Semarang, Ketua PP Jateng Bambang Eko, Pengusaha Dewi Susilo, hingga CEO PSIS Yoyok Sukawi.

“Kita belum tahu, Pak Iswar sudah menghadap ke help Desk Pilkada pusat, iya sudah ketemu, nanti tinggal tergantung ketua help desk pusat, dan Ibu Ketum, serta tanggapannya seperti apa,” katanya.

Sebelumnya, Ade Bhakti menjelaskan, surat tugas yang Dia kantongi dari Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep isinya adalah untuk berkomunikasi dan menggalang dukungan dengan partai lain, agar bisa memenuhi syarat kursi 20 persen.

Seperti diketahui, Ade Bhakti yang juga saat ini Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang juga telah memenuhi undangan dari beberapa partai lainnya seperti Gerindra dan Golkar untuk membuka peluang berkoalisi di Pilwalkot Semarang 2024.

Hery priyono