Iustrasi kulit wajah terasa kering. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kulit kering atau sangat kering merupakan sebuah jenis kulit, jadi ini kondisi permanen yang ditandai oleh sensasi tertarik di seluruh wajah dan tubuh akibat kurang terbentuknya pelindung alami kulit. Jika diperhatikan, kulitnya tampak kusam, bertekstur kasar, bersisik, dan juga kurang lembab dan berminyak.

Terkadang kulit kering menyebabkan dermatitis, kondisi yang memicu kulit merah dan gatal. Pada kondisi ini, pengobatannya perlu menggunakan lotion yang mengandung hidrokortison. Jika kulit sudah terlanjur terbuka, dokter mungkin meresepkan perban basah untuk membantu mencegah infeksi.

Kulit kering sering menjadi pertanda kondisi suhu yang tidak ideal. Namun, seringkali kulit kering dan kusam juga jadi indikator defisiensi vitamin E yang wajib diperhatikan.

Kulit tubuh tentunya juga seringkali menjadi kering dan bersisik. Melansir dari laman halodoc.com, kondisi kulit tubuh menjadi kering dan bersisik tentunya merupakan tanda kondisi tubuh yang bisa jadi kurang begitu sehat.

Namun, sejatinya kulit kering juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang seringkali kita abaikan. Dilansir dari Suara.com, berikut ini 3 penyebab dari kulit kering dan bersisik yang jarang diperhatikan.

1. Cuaca Ekstrim dan Dehidrasi

Cuaca ekstrim juga bisa mempengaruhi kondisi kulit seseorang melansir dari “Skin Care and Aging”, kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup sensitive dengan perubahan ekstrim. Mulai dari paparan panas matahari dan suhu udara, hingga perubahan cuaca juga bisa mempengaruhi kondisi kulit. Kulit yang sehat sejatinya akan memproduksi lapisan minyak guna membantu melapisi dan mengencangkan kulit.

Namun, kondisi cuaca ekstrim bisa pula mempengaruhi produksi lapisan minyak alami tersebut dan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, kurangnya konsumsi cairan juga dapat membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Oleh karena itu, penting pula untuk selalu menjaga asupan cairan harian agar kulit menjadi kencang dan terlihat segar.

2. Menggunakan Produk Kimia Secara Berlebihan

Penggunaan produk kimiawi untuk kulit ataupun tidak secara berlebihan bisa juga membuat kulit menjadi kering dan bersisik.

Menyadur artikel “Dermatologists Top Tips For Relieving Dry Skin”, penggunaan bahan kimia semacam pembersih atau detergen bisa membuat pori-pori kulit menjadi terhalang dan menyebabkan kulit menjadi kering dan menyebabkan produksi minyak alami menjadi tak maksimal.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan produk kecantikan ataupun perawatan kulit lainnya yang mengandung bahan-bahan yang sekiranya tidak menyebabkan kulit kering.

3. Proses Penuaan Alami

Hal yang paling sering terjadi dan pasti tidak bisa dihindari seseorang adalah kulitnya menjadi kering karena proses penuaan secara alami.

Menyadur dari laman klikdokter.com, dengan bertambahnya usia, kulit tubuh tentunya tidak akan bisa memproduksi lapisan minyak yang dapat melindungi pori-pori secara maksimal.

Hal itulah yang seringkali menyebabkan kulit kering ataupun bersisik. Namun, kondisi ini bisa diakali dengn berbagai cara seperti minum air dengan jumlah banyak ataupun menggunakan produk perawatan kulit tertentu.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia