Untung Wibowo Sukowati (tengah), balon Bupati Sragen membagikan saweran untuk semua seniman, termasuk 20 pesinden. Foto; Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)- Kalangan seniman mendoakan anggota Komisi D DPRD Provinsi Jateng Untung Wibowo Sukowati saat tampil di panggung pentas Wayang Kulit di Alun-alun Sragen,  Sabtu malam 1 Juni 2024.

Seniman mendoakan agar anggota Untung Wibowo Sukowati  bisa menjadi Bupati Sragen.

Saat ini, Bowo, sapaan Untung Wibowo Sukowati memang sudah nyalon Bupati Sragen 2024-2029,  lewat PDIP.

“Ini saya gemetar, berdiri di samping Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati lho. Apakah nanti saya kuat,” kelakar Bowo di hadapan seniman dan penonton Pentas Wayang Kulit di Alun-Alun Sasono Langen Putro.

Dengan tangkas pelawak Abah Kirun, Sumar Bagyo Gareng (Semarang) dan Dalang Ki Medhot Sudarsono, Ki Kemi Jegol Mudho serta Dalang Nyi Kenik Asmorowati,MSn serentak mengatakan Bowo pasti kuat dan pantas menjadi Bupati Sragen berikutnya.

Pentas wayang kulit dengan Lakon “Mbangun Bumi Saptahargo” dengan Dalang Ki Medhot Sudarsono, Nyi Kenik Asmorowati,MSn dan Ki Kemi Jegol Mudho yang menyedot perhatian ribuan penonton berakhir Minggu (2/6) dinihari.

Di panggung itu juga nampak Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wabup H.Suroto, mantan Sekda Provinsi Jateng Sri Puryono serta Ketua DPRD Sragen Suparno.

Bowo hadir tengah malam, namun disambut meriah kalang seniman karena membawa banyak amplop saweran.

Dalang Senior Sragen Medhot Sudarsono mengatakan Bowo layak meneruskan kepemimpinan Bupati Yuni. Dimata seniman, lanjut Medhot sosok Bowo punya kepedulian tinggi terhadap kondisi seniman.

Apalagi Bowo menyatakan akan nguri-uri atau memelihara kebudayaan dan seniman. Perhatian Bowo pun sudah terlihat dihadapan kalangan seniman pedalangan, termasuk pesinden.

Saat tampil di panggung, tak lupa dia nyawer para dalang, niyaga pengrawit serta 20 pesinden mewakili 20 kecamatan di Kabupaten Sragen.

“Saya ingin bisa berkolaborasi bersama seniman di panggung dalam kesempatan lain,” tuturnya.

Anind