PEMBEKALAN - Panwaslu Kelurahan se-Kota Tegal menerima pembekalan usai dilantik. (Foto: Dok Bawaslu)

KOTA TEGAL (SUARABARU.ID) – Sebanyak 27 Panwaslu Kelurahan se-Kota Tegal resmi dilantik dan siap awasi tahapan pemilihan serentak Tahun 2024.

“Panwaslu Kelurahan tersebut dilantik secara serentak di Hotel Karlita Kota Tegal pada 1 Juni 2024 kemarin oleh tiap Ketua Panwascam. Mereka sebelumnya telah melewati seleksi administrasi yang dilakukan Bawaslu Kota Tegal, dilanjutkan pelaksanaan tes wawancara oleh Panwascam,” kata Ketua Bawaslu Kota Tegal, Fauzan Hamid, Minggu (2/6/2024).

Fauzan Hamid menegaskan bahwa Panwaslu Kelurahan agar segera melakukan koordinasi dengan stakeholder lurah, babinsa, babinkamtibmas dan PPS (Panitia Pemungutan Suara).

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Kartini Tjandra Lestari yang sempat hadir juga mengingatkan Panwaslu Kelurahan untuk memahami regulasi pemilihan serentak sebagai pegangan dalam melaksanakan kerja pengawasan.

Setelah pelantikan dilakukan juga pembekalan oleh Kepala Kesbangpol, Asisten Sekretariat Daerah dan narasumber internal dari panwascam terkait dengan tugas fungsi dan kewajiban Panwaslu Kelurahan, Penjelasan Form A (Pengawasan), Penjelasan Form F (Pencergahan) dan jenis-jenis pelanggaran pemilihan.

Sutrisno