PKD di Kecamatan Tahunan bersama Forkopimcam, PPK dan Panwascam

JEPARA ( SUARABARU.ID) – Bertempat di pendopo kecamatan, Panwascam Tahunan menggelar acara pelantikan dan pengambilan sumpah sejumlah 15 orang Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa Se-Kecamatan Tahunan, Minggu (2/6-2024).

Hadir dalam acara tersebut Camat Tahunan yang diwakili Kasi Trantib Suyuti, Peltu Suyuti mewakili  Danramil dan Kapolsek Tahunan yang diwakili Kanit Binmas Ipda Abd. Arifin, Panwascam Tahunan beserta jajarannya, Kepala KUA M. Nuridho, Ketua PPPK Ahmad Afandi, dan  anggota PKD se-Kecamatan Tahunan.

Pelantikan PKD Kecamatan

Amir Machmud Ketua Panwascam dalam sambutannya berpesan agar seluruh PKD benar-benar melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban. “Seluruh PKD harus menjaga sinergitas dengan jajaran perangkat Desa dan PPS serta menjaga komunikasi, soliditas dengan Panwascam,” pintanya.

Kapolsek Tahunan,  dalam sambutannya yang disampaikan Ipda Abd. Arifin  mengucapkan selamat kepada 15 anggota yang telah dilantik sebagai PKD. ” Mulai detik ini harus siap mengemban tugas dan kewajiban agar pilkada berjalan lancar dan sukses. Gunakan kecermatan kita, mata telinga sudah mulai mendeteksi pergerakan calon-calon mulai sekarang,” ungkapnya.

Sementara Peltu Sugiyanto yang mewakili  Danramil Tahunan berharap agar PKD menggunakan sebaik mungkin waktu untuk menjalanakan tugas yang diberikan. “Harus solid dengan Panwascam bila menemukan masalah di lapangan sekecil apapun segera dilaporkan dan diselesaikan. PKD harus menghindari sekecil apapun permasalahan yang kita hadapi di Pilkada kedepan,” ujarnya. Apalagi pilkada bupati ini tentu akan menimbulkan kontestaai  yang ketat, tambahnya.

Selanjutnya, Shohibul Habib, Komisioner Bawaslu Jepara, mengucapkan selamat atas dilantiknya sebagai PKD Pemilihan Serentak 2024. Anggota PKD yang terpilih merupakan kandidat terbaik yang siap melakukan pengawasan pemilihan serentak 2024. “Integritas kita sebagai pengawas harus terjaga dengan baik,” ujarnya

Ditegaskan pula oleh Shohibul Habib , PKD harus segera melakukan koordinasi dengan stakeholder desa, berkoordinasi dengan seluruh sektor di lingkup desa. Segera berkoordinasi dengan PPS , karena tahapan pemilihan sudah berjalan. Pada bulan Juni kita akan melakukan pengawasan coklit,” terangnya

“PKD mulai sekarang harus running mengawasi proses penyelenggaraan pemilu. Harus koordinasi dengan jajaran Panwascam maupun Bawaslu. Kita bekerja secara kolektif kolegial. Masing-masing PKD  harus bahu membahu melakukan pengawasan di wilayah kecamatan. Kami ingin teman-teman PKD bekerja dengan riang gembira menjadi pribadi profesional menjaga mental dalam melakukan pengawasan kepemiluan karena pressure pilkada tentu lebih berat dari pemilu 2024”, tegas Habib.

Hadepe – Bagus Irawan, PKD Desa Mantingan