Wakapolres Wonosobo Kompol Rendi Johan Prasetyo, SH SIK MAP memimpin upacara hari kelahiran Pancasila. Foto : SB/dok Humas Polres

WONOSOBO(SUARABARU.ID) – Polres Wonosobo menggelar upacara untuk merayakan Hari Kelahiran Pancasila di halaman Mapolres Wonosobo.

Upacara yang dipimpin oleh Wakapolres Wonosobo, Kompol Rendi Johan Prasetyo, SH SIK MAP, itu menjadi momentum penting untuk memperingati nilai-nilai dasar Pancasila yang menjadi fondasi negara Indonesia, Sabtu (1/6) pagi.

Upacara tersebut diikuti oleh pejabat utama Polres Wonosobo serta sejumlah personel Polres Wonosobo. Seluruh peserta tampak khikmat nengikuti jalannya upacara dari awal hingga akhir.

Dalam pidato Kepala BPIP RI yang dibacakan Kompol Rendi, dijelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara serta pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia.

Nilai Luhur

Sejumlah personil Polres Wonosobo mengikuti upacara hari kelahiran Pancasila di halaman Mapolres setempat. Foto : SB/dok Humas Polres

“Di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Wakapolres juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing jalan bagi masyarakat RI.

Lebih lanjut, momen peringatan Hari Kelahiran Pancasila ini pun diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Sebagai anggota Polri kita harus menghayati Pancasila serta mendegungkan kepada masyarakat bahwa falsafah NKRI adalah Pancasila dengan mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani serta mengayomi masyarakat,” tutup Wakapolres.

Muharno Zarka