Personil Satlantas Polres Wonosobo dan Disperkimhub melakukan pemeriksaan pada bus pariwisata. Foto : SB/dok Humas Polres

WONOSOBO(SUARABAU.ID)-Satlantas Polres Wonosobo, yang dipimpin oleh KBO IPTU Sarno, bersama dengan instansi terkait, melaksanakan kegiatan ramcheck pada PO Bus Pariwisata yang beroperasi di wilayah Wonosobo.

Kegiatan tersebut dilakukan di rest area Taman Rekreasi Kalianget dan Kampus Unsiq Jawa Tengah 2 di Wonosobo di Jl Raya Dieng Munggang Mojotengah.

Kasat Lantas AKP Edy Nugroho, SIK SH, Selasa (28/5/2024), mengatakan pada pemeriksaan ramcheck tersebut, tim melakukan pemeriksaan terhadap surat-surat kendaraan serta ramcheck kelayakan jalan bus pariwisata.

“Selain itu, para pengemudi bus diberikan himbauan agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan menjaga keselamatan dalam berkendara,” katanya.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut, imbuh dia, adalah untuk mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata. Karena kasus kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata, akhir-akhir ini cukup sering terjadi.

“Melalui pemeriksaan ramcheck diharapkan dapat menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Wonosobo,” ujar Kasatlantas.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 26 Mei ini berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali.

Selama periode tersebut, tim gabungan yang terdiri dari BPTD Kelas II Jateng, Satlantas Polres Wonosobo, Jasa Raharja, Dishub Provinsi Jateng, dan Disperkimhub telah memeriksa total 77 bus pariwisata.

Muharno Zarka