blank
Duel pemain Persiku dengan NZR Sumbersari. foto: official Persiku

KUDUS (SUARABARU.ID) – Persiku Kudus harus menelan pil pahit saat mengakhiri babak 16 besar Liga 3 Nasional 2023/2024. Melawan tim juru kunci grup NZR Sumbersari Malang di Stadion Mini Cibinong Bogor, Sabtu (25/4), Macan Muria harus menyerah dengan skor tipis 1-0.

Meski demikian, kekalahan ini sama sekali tak berpengaruh atas klasemen akhir grup 2 babak 16 besar. Persiku tetap lolos babak 8 besar dengan predikat juara grup. Di pihak lawan, kemenangan yang diraih NZR Sumbersari juga hanya menjadi pengobat dari kekalahan beruntun di dua laga sebelumnya.

Di laga yang sudah tidak menentukan lagi, pelatih Deny Rumba sengaja menurunkan pemain pelapis yang selama ini lebih sering duduk di bangku cadangan. Selain memberi memberi jam terbang pada mereka, kesempatan ini juga digunakan untuk mengistirahatkan para pemain inti yang dipersiapkan di babak 8 besar.

Namun, kedalaman skuad yang dimiliki Deny Rumba memang tak cukup bagus. NZR Sumbersari yang juga sudah dipastikan tidak akan lolos, lebih bernafsu untuk memenangkan pertandingan.

Alhasil, sejak awal pertandingan NZR Sumbersari sukses menekan lini pertahanan Macan Muria.  Hasilnya, di menit 25, NZR Sumbersari melalui pemain nomor punggung 19, Luxy Ariawan berhasil mencetak gol melalui sundulan kepalanya ke gawang Persiku Kudus yang saat itu dijaga oleh Husein Omar.

Berselang 4 menit, tim lawan mencoba kembali menggoyahkan pertahanan tim Macan Muria. Melalui tendangan pojok, Sumbersari berusaha kembali mencetak gol yang saat itu dijaga ketat para pemain lini belakang.

Namun sayang, hingga turun minum, Sumbersari belum berhasil mencetak gol tambahan, membuat babak pertama selesai dengan skor 1-0.

Berlanjut ke babak kedua, Persiku Kudus mencoba mengubah taktik dan mencari cara agar bisa mencetak gol ke gawang NZR Sumbersari.

Pada menit ke 58, Persiku coba melakukan pergantian pemain. Pemain nomor punggung 10, Sholikul Imam masuk menggantikan pemain nomor punggung 14, Bagus.

Sholikul yang sebelumnya mampu mencetak gol saat melawan PSGC Ciamis, diharapkan kembali bisa membuat Persiku menyamakan poin. Di menit ke 58, Persiku mencoba menekan area pertahanan lawan, namun masih gagal mencetak gol.

Terpisah, di waktu yang sama, tim lain yang tergabung dalam grup B babak 16 besar, yakni Persekabpas Pasuruan dan PSGC Ciamis juga sedang bertanding.

Bertempat di Lapangan Luar Pakansari Bogor, Persekabpas Pasuruan menang 3-2 saat melawan PSGC Ciamis.

Meskipun mengalami kekalahan, Persiku Kudus tetap lolos ke babak 8 besar liga 3 putaran nasional 2023/204, ditemani oleh Persekabpas Pasuruan.

Dengan hasil pertandingan sore ini, Persiku Kudus dipastikan menjadi juara grup B babak 16 besar dengan total 6 poin, dilanjutkan dengan Persekabpas Pasuruan dengan 6 poin, lalu PSGC Ciamis 3 poin, dan terakhir NZR Sumbersari Malang dengan 3 poin.

Sementara, untuk babak 8 besar masih menunggu drawing dan jadwal dari PSSI. Babak 8 besar akan menjadi langkah akhir bagi Persiku apakah bisa menembus Liga 2 tahun ini atau tidak.

Di babak 8 besar nanti, tim yang lolos akan dibagi dalam dua grup. Peringkat 1,2 dan 3 di tiap-tiap grup akan lolos otomatis ke Liga 2 musim depan.

Ali Bustomi