blank
Pemenang pembuatan buku bacaan bermutu bersama Pj/ Bupati Jepara dan Forkopimda

JEPARA(SUARABARU.ID) – Dalam rentang waktu tiga bulan, guru SD di Jepara berhasil membuat 667 karya berupa buku bacaan bermutu.

Hal itu terungkap saat Pameran Gelar Karya dan Pentas Seni Pendidikan Kabupaten Jepara tahun 2024 yang digelar di alun-alun Jepara resmi berakhir. Penutupan pameran yang dilakukan Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta pada Sabtu (22/5/2024), diwarnai dengan penyerahan sejumlah penghargaan dan hadiah. Salah satunya, hadiah untuk 16 guru SD yang menghasilkan karya terbaik dalam pembuatan buku bacaan bermutu.

blank
Peluncuran buku bacaan bermutu ditandai penyerahan buku dari Kepala Disdikpora Ali Hidayat kepada Pj. Bupati Edy Supriyanta

“Penerima hadiah berasal dari 16 kecamatan di Jepara. Tiap kecamatan diambil satu karya terbaik,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Ali Hidayat.

Pada kesempatan itu, Ali Hidayat menyerahkan buku karya para pemenang kepada Pj. Bupati Edy Supriyanta di panggung penutupan. Penyerahan ini sekaligus menjadi prosesi simbolik peluncuran buku bacaan bermutu. Sebelumnya, Pj. Bupati Edy Supriyanto bersama Komandan Kodim 0719/Jepara Mokhamad Husnur Rofiq dan perwakilan Forkopimda Kabupaten Jepara lainnya serta Ali Hidayat. menyerahkan hadiah kepada para pemenang.

Kepala Bidang SD Disdikpora Kabupaten Jepara Edy Utoyo kepada awak media mengatakan, buku-buku itu mayoritas berisi cerita fiksi. Dia  membenarkan, para guru diberi waktu tiga bulan untuk menyelesaikan karya tersebut.

Edy Utoyo juga mengapresiasi kemampuan para guru memanfaatkan penguasaan teknologi untuk menyajikan buku yang tampilannya sesuai dengan kebutuhan anak-anak dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar.

” Apalagi di Jepara sudah ada  guru SD yang menjadi Duta Canva Indonesia, yaitu saudari Rosyidah dari SDN Tanggultlare yang bisa berkolaborasi kembali dengan rekan-rekan guru untuk  menghasilkan karya kreatifnya,” tambahnya

“Dengan  menguasai aplikasi Canva dapat  untuk membuat tampilan buku dan pembelajaran menjadi  lebih menarik. Saya harap, ini memantik semangat untuk terus belajar, termasuk penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. ,” katanya.

blank
Penyerahan hadiah oleh Pj. Bupati

Para pemenang dari masing-masing kecamatan adalah Nurul Azizah Fitriana, S.Pd., (Pecangaan, SDN 4 Troso), Nadia Isnainita, S.Pd.  (Welahan) SDN 4 Telukwetan, Niken Amanda, S.Pd.  (Nalumsari, SDN 4 Bategede), Fina Zahrotul Aniqoh, S.Sos. (Mayong, SDN 1 Sengonbugel), dan Aries Nila Fadlila’, S.Pd.  (Kalinyamatan, SDN 1 Banyuputih).

blank
Kepala Diadikpora Ali Hidayat menyerahkan hadiah

Berikutnya Teguh Rahayu, S.Pd. (Batealit, SD Negeri 3 Somosari), Novrika Mualvira Sandry, S.Pd. (SD Negeri 1 Wonorejo, Jepara), Siti Nur Azizah Seh, S.Pd. (Kedung, SD Negeri 1 Jondang), Vita Avie Aprilia, S.Pd. (Tahunan, SD Negeri 3 Sukodono), Afrizal Bayu Pambudi, S.Pd. (Karimunjawa, SD Negeri 1 Karimunjawa), Vania Dian Rahmawati (Donorojo, SDN 1 Clering), Yescy Erlina (Keling, SDN 2 Bumiharjo), Erika Nuril Izza (Kembang, SDN 4 Bucu), Windarti (Bangsri, SDN 1 Banjaran), Farah Mila (Mlonggo, SDN 9 Jambu), dan Kusnadi, S.Pd. (Pakisaji, SDN 1 Tanjung)

Hadepe