blank
Katib Syuriyah PBNU KH Abu Yazid Al Busthami menabuh bedug menandai pembukaan Konfercab XV PCNU Kebumen di Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen, Sabtu 25/5.(Foto:SB/Prokopim)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)– Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengungkapkan, pihaknya terus berkomitmen mendukung organisasi Nahdlatul Ulama (NU) agar semakin maju dan berkembang.

Komitmen tersebut  diwujudkan antara lain dengan pemberian bantuan dana hibah kepada PCNU Kabupaten Kebumen yang jumlah terus meningkat tiap tahu.

Bupati menyatakan, di tahun pertama pemerintahannya, pihaknya mengalokasikan dana hibah untuk PCNU sebesar Rp 150 juta. Tahun kedua naik menjadi Rp 600 juta dan tahun ketiga naik lagi menjadi Rp1,5 Miliar. Kemudian tahun ini naik menjadi Rp 2 Miliar.

“Ini adalah bentuk komitmen kami, NU sebagai mitra dari Pemerintah harus diberikan peran yang lebih luas dalam mengisi pembangunan di Kebumen. Oleh karena itu Pemda harus memberikan support agar organisasi Islam terbesar ini terus berkembang maju,”ujar Arif Sugiyanto usai Pembukaan Konfercab XV PCNU Kebumen di Ponpes Al Kahfi, Somalangu, Desa Sumberadi, Kebumen, Sabtu (25/5).

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberi sambutan pada Konfercab PCNU Kebumen, Sabtu 25/5.(Foto:SB/Prokopim)

Konfercab XV PCNU Kebumen dibuka oleh Katib Syuriyah PBNU KH Abu Yazid Al Busthami.  Hadir Ketua PWNU Jateng KH Abdul Ghoffar Rozin (Gus Rozin), Rois Syuriyah PCNU Kebume KH Afifudin Khanif (Gus Afif), Ketua PCNU KH M Dawamudin Masdar, Dandim 0709 Letkol Czi Ardianta Purwandhana serta Kompol Tamzil Mardiyono dari Polres Kebumen.

Menurut Bupati Kebumen, bantuan Rp 2 M tersebut bisa digunakan untuk mendukung kegiatan NU dari tingkat cabang atau PCNU sampai tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) yang berada di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen.

“Harapan kami ini bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan NU di seluruh kecamatan yang ada atau sampai tingkat MWC NU, begitu juga badan otonom NU,”terangnya.

Kegiatan Bersama

Ke depan, Bupati berharap agar tiap-tiap MWCNU mempunya gedung atau sekretariat untuk kegiatan bersama. Ia menyadari, bantuan Rp 2 Miliar untuk organisasi sebesar NU tentu masih kurang. Namun paling tidak bantuan itu menjadi yang terbesar untuk organisasi kemasyarakatan.

Menyinggung kegiatan Konfercab NU, Bupati berharap bisa dilaksanakan dengan baik, dan damai. Siapapun Pengurus PCNU yang terpilih maka harus dihormati bersama.

“Saya sampaikan selamat mengikuti Konfercab, semoga acaranya berjalan lancar, damai dan apa pun hasilnya harus kita hormati.”

Sementara itu Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar menyampaikan terima kasih atas komitmen atau perhatian Bupati terhadap PCNU Kebumen. Menurutnya dukungan Pemda terhadap NU sudah sangat luar biasa, dan patut diapresiasi.

“Tentu kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati yang sudah memberikan perhatian yang luar biasa untuk kemajuan NU di Kebumen. Bantuan yang diberikan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Alhamdulillah,”ujar Dawam.

Dawam menuturkan, pembangunan Gedung PCNU Kebumen di Jalan Kusuma juga berkat bantuan hibah dari Pemerintah Daerah yang diperjuangkan oleh Bupati. Ia berharap, PCNU dan Pemda bisa terus bersinergi dalam mengisi pembangunan di Kebumen.

“Kemarin, saat ini, dan seterusnya, kita harap sinergitas PCNU dengan Pemda bisa terus berjalan bersama untuk Kebumen yang lebih baik,”tandas mantan kepala MAN1 Kebumen itu.

Komper Wardopo