Tim PkM USM saat memberikan pelatihan pembuatan foto produk untuk promosi di media sosial, pada pelaku UMKM Jaya Lestari. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM), memberikan pelatihan pembuatan foto produk untuk promosi di media sosial, kepada pelaku UMKM Jaya Lestari, yang ada di Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Rabu (22/5/2024).

Tim PkM USM ini terdiri dari Ketua Emaya SE MM, anggota Dr Adijati Utaminingsih SE dan Drs Witjaksono SE MM. Disampaikan Emaya, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan promosi produk para pelaku UMKM kelompok Jaya Lestari. Peserta sendiri terdiri dari pelaku usaha katering, minuman kekinian, snack dan jajanan basah.

”Mereka mendapatkan pengetahuan tentang cara membuat foto yang kreatif dan menarik, untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan pangsa pasarnya. Hal itu bisa dilakukan melalui daya tarik foto yang ditampilkan di media sosial,” katanya.

BACA JUGA: Tingkatkan Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat, TMMD Kodim 0714/Salatiga Bangun Sejumlah Fasilitas

Menurut Emaya, pelaku UMKM Lestari Jaya sangat tertarik dan antusias dengan kegiatan pelatihan pembuatan foto produk ini. Pasalnya, mereka memang menggunakan foto untuk promosi di WhatsApp dan Instagram.

”Pelatihan ini memberikan pengetahuan bagaimana teknik pengaturan pencahayaan, jenis-jenis property foto yang sesuai, dan posisi pengambilan foto yang tepat,” ujarnya.

Dia berharap, melalui pelatihan ini pelaku UMKM kelompok Lestari Jaya dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas pembuatan foto produknya, untuk promosi produk UMKM di media sosial.

BACA JUGA: Kepala BNNP Jawa Tengah Buka Turnamen Futsal Antar-Pondok, Wujudkan Jateng Bersinar

Para peserta pun antusias menerima materi ini. Banyak pertanyaan yang muncul dalam proses kegiatan itu. Pelatihan ini juga membuka wawasan dan menambah pemahaman tentang pembuatan foto produk yang estetik dan manarik.

”Hasil akhirnya adalah, peningkatan pelanggan untuk memperoleh keuntungan usaha yang berkelanjutan. Selain itu pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga pasti akan meningkat,” ungkapnya.

Riyan