Pemain Persiku (putih) saat berduel dengan pemain PSGC. Foto: Persikuofficial.

KUDUS (SUARABARU.ID) – Persiku Kudus sukses melanjutkan tren positif dengan memetik kemenangan di laga kedua grup 2 babak 8 besar Liga 3 Nasional. Melawan PSGC Ciamis, di stadion Mini Cibinong, Bogor, Macan Muria menang telak dengan skor 3-0.

Kemenangan ini sekaligus memastikan Persiku meraih tiket untuk melaju babak 8 besar Liga 3 Nasional. Macan Muria sukses meraih poin sempurna di dua laga yang telah dilakoninya.

Anak asuhan Deny Rumba masih menyisakan satu pertandingan lagi kontra NZR Sumbersari. Namun, apapun hasil laga tersebut hanya akan berpengaruh pada perebutan juara grup

Mengawali pertandingan, kedua tim yang saling sudah mengantongi kemenangan di laga awal tersebut bermain cukup terbuka guna menyegel tiket lolos babak 8 besar.

Namun PSGC yang lebih berani mengambil inisiatif permainan, sedikit berhasil mendikte permainan.

Serangan yang dibangun dari lini per lini membuat lini pertahanan Macan Muria harus bekerja keras menghadapi tekanan-tekanan yang dilancarkan barisan penyerang PSGC.

Beruntung palang pintu Persiku Heri Ivan dkk tampil cukup tenang untuk menghalau serangan tim asal kota Ciamis tersebut.

Asyik menyerang, membuat lini belakang PSGC lengah. Persiku akhirnya sukses mencuri gol lebih dulu.

Berawal dari tendangan gawang di menit 33, bola melambung tinggi langsung ke arah jantung pertahanan PSGC. Sebuah kesalahan backpass header dari lini belakang PSGC dapat dibaca baik oleh striker Persiku Roy Saputra.

Lepas dari kawalan bek lawan, Roy mampu mendahului kiper PSGC untuk menjangkau bola. Melalui sebuah sontekan pelan, bola melambung tipis ke atas kepala penjaga gawang PSGC, Ilham, dan perlahan masuk ke gawang tanpa bisa dihalau pemain belakang PSGC. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Persiku.

Kebobolan satu gol membuat PSGC berusaha bangkit. Namun sayangnya, serangan yang dibangun selalu mentah di sepertiga akhir lapangan. Hingga peluit akhir babak pertama berbunyi, skor pun tak berubah.

Memasuki babak kedua, Macan Muria ganti mengambil alih permainan. Pada menit 47, Macan Muria justru sukses menggandakan keunggulan melalui sundulan Solikul Islam

Berawal dari sebuah serangan cepat dari sisi kanan, bola dengan cepat dialirkan ke arah Zola yang berdiri bebas di sayap kiri yang kemudian sukses mengirim umpan krossing matang.

Solikul yang berdiri bebas di depan gawang, tanpa ampun langsung menanduk bola dan menjebol gawang PSGC untuk kedua kalinya. Skor berubah 2-0 untuk Persiku.

Persiku berhasil kill the game saat mencetak gol ketiga di menit 63. Lagi-lagi dari skema serangan balik cepat dari sisi kiri melakui kaki Zola Anggoro. Setelah melewati satu dua pemain belakang lawan, tendangan keras Zola kembali merobek gawang PSGC.

Tertinggal 3 gol semakin membuat Persiku di atas angin. Meski berusaha membalas, namun mental tandinhlg PSGC sudah turun drastis.

Sisa menit pertandingan pun tak mampu dimanfaatkan PSGC untuk memberi ancaman serius ke lini pertahanan Persiku. Justru sebaliknya, Persiku mampu menciptakan beberapa peluang berbahaya yang nyaris menambah keunggulan.

Peluit panjang wasit yang menandakan akhir pertandingan langsung disambut gembira oleh pemain dan offisial Persiku. Kemenangan tersebut memberi peluang bagi Persiku untuk lolos babak 8 besar dengan predikat juara grup.

Sementara, PSGC masih memiliki peluang asalkan di laga terakhir mampu memetik kemenangan.

Ali Bustomi