Komunitas Jepara Muda Progresif gelar ngonbrol asyik jelang P;ilkada

JEPARA (SUARABARU.ID) – Komunitas Jepara Muda Progresif dalam Ngobrol Asyik dengan tema Peran Penting Pemuda dalam Membangun Kota Jepara : Menyambut PILKADA 2024 yang digelar di di Swasana Café 21 Mei 2024 menyepakati 3 tuntutan. Salah satunya mengundang secara terbuka seluruh calon peserta PILKADA 2024 Jawa Tengah dan Kabupaten Jepara untuk diskusi bersama membedah gagasan dan visi misi di Forum Jepara Muda Progresif.

Komisioner KPU Muhammadun saat berbicara di Ngobrol Asyik

Sedangkan 2 tuntulan lain yang dihasilkan adalah menuntut peserta PILKADA 2024 Jawa Tengah dan Kabupaten Jepara, membuat gagasan untuk menuntaskan permasalahan yang belum terselesaikan pada pemerintah periode sebelumnya  dan para calon harus  memiliki visi misi dalam membangun, mengembangkan, dan menumbuhkan sektor Pendidikan, ekonomi dan social budaya selama 5 Tahun kedepan dengan tepat sasaran

Komunitas Jepara Muda Progresif adakan Ngobrol Asyik dengan tema Peran Penting Pemuda dalam Membangun Kota Jepara : Menyambut PILKADA 2024

Jepara Muda Progresif adalah sebuah forum pertemuan dan diskusi anak muda Kabupaten Jepara yang didirikan pada 24 Februari 2024. Forum ini didirikan dengan tujuan mengajak, menghimpun dan menggerakkan seluruh elemen aktivis pemuda Jepara untuk ikut andil dalam membangun, mengembangkan, dan menumbuhkan sektor pendidikan, ekonomi dan sosial budaya serta sebagai kontrol pemerintahan di kabupaten Jepara.

Sebagai Langkah awal Pada tanggal 21 Mei 2024 Jepara Muda Progresif mengadakan kegiatan NGOBRAS (ngobrol asik) bersama KPU dan BAWASLU Kabupaten Jepara dengan Tema Peran Penting Pemuda dalam Membangun Kota Jepara : Menyambut PILKADA 2024.

Kegiatan Tersebut dilaksanakan di Swasana Café Pukul 14.00WIB sampai dengan 16.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Narasumber yaitu Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Jepara, Muhammadun. dan Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa BAWASLU Jepara, Shohibul Habib.

Ketua Jepara Muda Progresif dalam sambutanya mengatakan kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran peran penting pemuda dalam membangun kota jepara dalam menyambut pilkada 2024 untuk mencari sosok pemimpin yang pantas dan memiliki Visi Misi memperbaiki kabupaten Jepara lebih baik

Acara ini mengundang elemen aktifis pemuda Jepara diantaranya PMII Jepara, HMI Jepara, GMNI Jepara, BEM UNISNU, BEM Politeknik Balekambang, BEM Universitas Al Hidmah Jepara dan IPNU IPPNU Jepara.

Dalam NGOBRAS (ngobrol Asik) KPU Jepara memaparkan Materi Partisipasi Pemuda dalam PILKADA 2024 .Ada dua cara,  pertama secara konvensional menjadi PPK, PPS maupun KPPS, Panwascam, Pengawas Kelurahan/Desa, Pengawas TPS. Di luar sistem, bisa dalam bentuk gerakan kerelawanan melakukan sosialisasi atau diskusi ke masyarakat, pengamat, pemantau, saksi, relawan pasangan calon, dll.

Kemudian kedua Unconventional yaitu terlibat gerakan pro lingkungan, gerakan perempuan (feminis), aspirasi mahasiswa, meme, film, penandatanganan petisi, dll.

Kemudian BAWASLU Jepara dalam pemaparanya mengajak generasi muda berperan aktif mengawal tahapan PILKADA 2024 baik secara langsung maupun dengan menjadi pengawas partidipatif

Hadepe