blank
Tim PkM dosen Fakultas Teknik USM, saat memberikan pendampingan kepada perangkat Desa Brambang, dalam menyelesaikan perbaikan jalan utama di desa itu. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM), belum lama ini memberikan pendampingan kepada perangkat Desa Brambang, dalam menyelesaikan perbaikan jalan utama di desa itu.

Tik PkM USM terdiri dari Ketua Hani Purwanti ST MT, anggota Ferry Firmawan ST MT PhD, dan Dr Purwanto ST MT. Disampaikan Hani, pascabanjir yang melanda dua kabupaten di Grobogan dan Demak, banyak berdampak pada kondisi jalan yang rusak.

Atas dasar itu, pihaknya memberikan pendampingan dalam rangka peningkatan kapasitas pada para perangkatnya, untuk bisa menyelesaikan kondisi sarana prasarana yang mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Dema USM Gelar Dialog Mahasiswa

”Kami dengan senang hati mendampingi kegiatan seputar perbaikan sarana dan prasarananya. Intinya, sinergi desa dan Universitas semarang melalui kegiatan pengabdian, bisa menjadikan aplikasi terapan ilmu bagi dosen di kampus. Hasil aplikasinya akan dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Hani.

Sementara itu, Kepala Desa Brambang, Maryono menyatakan, beberapa titik jalan di desanya mengalami kerusakan, akibat beberapa hari terendam banjir. Pihaknya memberikan apresiasi kepada Tim PkM USM, yang telah memberikan pendampinginan dalam mengidentifikasi jalan yang rusak, dan memberikan solusinya.

”Kami berterima kasih atas kerja sama ini. Kami mendapat banyak ilmu dari hasil sharing dengan tim PkM USM. Kami berharap, kegiatan peningkatan kapasitas perangkat desa bisa ditingkatkan di bidang lain, seperti pertanian. Karena mayoritas masyarakat Desa Brambang adalah petani,” ujarnya.

Riyan