Satpol PP Goes to School, sosialisasikan P4GN di SMAN 1 Pati. Foto: Dok/Humas (21/5/2024)

PATI (SUARABARU.ID) – Satpol PP menggelar program Goes to School, sosialisasikan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan di Aula SMA N 1 Pati, Selasa (21/5/2024).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh 100 peserta baik dari siswa, orang tua wali, dan guru dari berbagai SMA dan SMK di Kabupaten Pati. Sementara itu sebanyak 250 siswa lainnya mengikuti kegiatan secara daring.

Plt Kepala Satpol PP Jawa Tengah, Retno Fajar Astuti pada kesempatan tersebut menekankan pentingnya memahami dan mematuhi Peraturan Daerah (Perda) Jawa Tengah, khususnya Perda No. 1 Tahun 2021 tentang fasilitasi P4GN PN.

“Kami hadir karena peduli dengan masalah narkoba yang ada di Jawa Tengah, termasuk rokok ilegal. Saya berharap peserta kegiatan dapat menjadi agen kami dalam mengedukasi masyarakat untuk menciptakan ketertiban umum di lingkungan masing-masing,” ujar Retno.

Dalam kegiatan menghadirkan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, Brigjen. Pol. Dr. H. Agus Rohmat yang diwakili Jamaluddin Ma’ruf Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) dari BNNP Jawa Tengah sebagai narasumber utama.

Dalam paparannya, Jamaluddin menyampaikan informasi mengenai ancaman bahaya narkoba serta situasi terkini terkait narkoba di Kabupaten Pati yang saat ini berada di peringkat kelima dalam jumlah kasus narkoba di Jawa Tengah. “Untuk bisa mengoptimalkan perang melawan narkoba, maka kita perlu memahami perkembangan dan ancaman narkoba di Indonesia. Sehingga kita bisa menentukan langkah yang tepat dalam penanganannya,” tegas Jamaluddin.

Jamaluddin mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama membangun sekolah yang bersih dari narkoba, guna mewujudkan Kabupaten Pati Bersinar (Bersih dari Narkoba). “Kita tidak boleh tinggal diam dan membiarkan generasi muda digerogoti narkoba. Saatnya tumandang, perangi narkoba bareng-bareng,” tandasnya.

Terpisah, Kepala BNNP Jateng, Agus Rohmat saat dihubungi berharap, kegiatan tersebut mampu meningkatkan kesadaran dan pemahaman para siswa, orang tua, dan guru mengenai bahaya narkoba, serta pentingnya peran aktif mereka dalam memerangi penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Ning S