SERAHKAN OBOR - Ketua DPC PDIP Kota Tegal, Edi Suripno SH MH menyerahkan api obor perjuangan kepada Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah, Sumanto. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Obor api Perjuangan telah menginap semalam di DPC PDI Perjuangan Jalan Setiabudi Kota Tegal. Obor api Perjuangan diterima oleh Sekretaris DPC PDI Perjuangan yang juga Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro ST Minggu (19/5/2024) sekira pukul 18.00.

Setelah menginap semalam, Senin (20/5/2024) pukul 07.00 WIB api obor perjuangan diberangkatkan ke Jakarta. Prosesi pemberangkatan dilakukan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, H Edi Suripno SH MH menyerahkan api obor perjuangan kepada Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Tengah, Sumanto.

Selanjutnya Sumanto  menyerahkan api obor perjuangan kepada lima atlet lari yang kemudian diteruskan hingga Jakarta.

Dalam sambutannya Ketua DPC PDIP Kota Tegal, Edy Suripno merasa bangga, karena salah satu lokasi tempat dimana api perjuangan dapat dilewatkan atau disinggahkan di Kota Tegal.

Kesan yang disampaikan bahwa seluruh kader PDIP harus mampu menangkap bahwa kesan ini ingin disampaikan adalah, api semangat perjuangan dalam rangka menegakkan ideologi, dalam rangka menjaga bangsa dan negara dan keutuhan bangsa ini harus tetap berkobar. Bahwa banteng adalah benteng nusantara.

“Kita punya kesadaran politik, bahwa banteng itu adalah bentengnya nusantara yang mengikat persatuan kita, rasa kebersamaan, rasa toleransi, dan juga semangat juang untuk terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu jelas-jelas terpatri didalam hati dan sanubari seluruh keluarga besar PDIP,” kata Edi Suripno.

Api ini akan terus dijaga, dan mudah-mudahan dengan pelaksanaan kegiatan ini akan ditorehkan pada Rakernas nanti. Ada keputusan-keputusan politik yang bisa memperkuat rasa persatuan dalam menjaga demokrasi di negara ini.

“Terima kasih, selamat berjalan dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan pada hari ini memberikan semangat juang pada kita semua, pada keluarga besar PDI-P, dan umumnya pada masyarakat bahwa api nasionalisme, api perjuangan ini harus terus berkobar di dada dan di jiwa kita semuanya,” ujar Edi Suripno yang akrab disapa Uyip.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah, Sumanto menyampaikan, kesempatan yang baik ini, di pagi yang cerah ini sudah melewati hampir selesai dari Jawa Tengah, karena api nan tak kunjung padam ini diambil sejak tanggal 17 Mei kemarin. Selanjutnya akan melewati Jawa Tengah 11 kabupaten/kota dan 3 provinsi, dengan menempuh jarak 526 km.

“Jadi keringat para atlet yang akan membentengi kita semua untuk bisa semangat kembali untuk menuju demokrasi yang lebih baik, kemudian kita akan terus kobarkan semangat api nan tak kunjung padam ini yang diambil dari Mrapen yang setiap saat bisa menyala, setiap saat juga akan menyala untuk menyambut even-even partai kedepan,” ujar Sumanto.

Agenda paling dekat adalah Pilkada yang akan memberikan semangat. Nanti pada 24 Mei 2024 mendatang akan dibuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP di Ancol Jakarta.

“Mewakili Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, kami ucapkan terimakasih untuk Kota Tegal dan mudah-mudahan ini akan selamat sampai tujuan dan kita akan semangatkan, gelorakan api nan tak kunjung padam ini,” tutup Sumanto.

Sutrisno