Ilustrasi wajah berjerawat. Foto: Dok/iStock

4. Produk rambut yang terkena wajah
Terlihat sederhana memang, tetapi kebiasaan membiarkan tetesan produk rambut, baik itu gel atau minyak rambut, mengenai wajah juga dapat memicu timbulnya jerawat. Ini karena produk tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya.

Untuk mencegahnya, sebisa mungkin batasi paparan produk rambut ke area wajah dan batasi juga penggunaan produk rambut yang terlalu banyak mengandung minyak.

5. Tidur dengan make up
Apakah kamu sering tidak menghapus make up sebelum tidur? Kalau iya, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Soalnya, produk make up yang dibiarkan semalaman dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Pastikan kamu menghapus make up dan membersihkan wajah dengan metode double cleansing sebelum tidur supaya wajah tetap sehat dan bebas jerawat.

6. Pemakaian produk skin care dan make up yang salah
Coba cek skin care dan make up kamu. Kalau mengandung minyak, mungkin ini penyebab jerawatmu tak mau hilang. Untuk mengatasinya, gantilah produk perawatan kulit dan riasan wajah yang berlabel “non-komedogenik”.

Jerawat juga makin betah di wajahmu jika alat make up yang digunakan tidak terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, bersihkan peralatan make up kamu dengan rutin.

7. Konsumsi makanan manis dan olahan secara berlebihan
Terlalu sering makan makanan manis dan olahan, seperti biskuit, keik, roti putih, atau keripik kentang berkontribusi dalam betahnya jerawat di wajah. Pada beberapa orang, mengkonsumsi makanan yang mengandung susu dan produk olahannya juga berpengaruh terhadap kemunculan dan betahnya jerawat di wajah.

8. Stres yang tidak terkontrol
Stres memang tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Namun, stres yang berlebihan dapat memperburuk kondisi jerawat yang ada. Supaya hal ini tidak terjadi, terapkanlah cara mengelola stres dengan baik.

Apabila jerawat tak kunjung hilang meski telah menghentikan kebiasaan buruk, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan saran pengobatan sesuai dengan kondisi kulitmu.

Ning S