Ilustrasi wajah berjerawat. Foto: Dok/iStock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah wajah kamu berjerawat? Ada beberapa kebiasaan yang membuat wajah berjerawat. Jangan heran, kalau kamu sudah menerapkan sejumlah langkah skin care, melakukan beragam cara untuk mengobati jerawat, tapi jerawat tetap betah gara-gara kebiasaan-kebiasaan ini.

Melansir dari Alodokter, jerawat terbentuk akibat pori-pori atau folikel rambut tersumbat oleh kotoran, sebum, atau sel kulit mati, yang kemudian terinfeksi dan akhirnya meradang. Perkembangan terjadinya jerawat bisa dimulai dari komedo, benjolan kecil kemerahan, benjolan besar yang padat (jerawat batu), dan benjolan berisi nanah.

Munculnya jerawat di wajah bisa dipicu oleh beragam hal, mulai dari perubahan kadar hormon, efek samping obat-obatan, hingga kebiasaan buruk yang kerap dilakukan.

Apa saja kebiasaan buruk yang dapat memicu jerawat? Yuk simak jawabannya di bawah ini!

1. Terlalu sering mencuci muka
Mencuci muka terlalu sering bisa membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul. Jadi, kamu cukup mencuci wajah sebanyak 2 kali dalam sehari saja. Saat mencucinya, usap dengan lembut wajahmu dan tidak perlu berlama-lama.

2. Memencet jerawat
Ketika muncul jerawat, rasanya gemas ingin memencetnya. Sayangnya, kebiasaan menghilangkan jerawat dengan cara ini justru dapat menyebabkan masalah baru.

Soalnya, saat jerawat dipencet dan ditekan akan membuat sumbatan pada pori-pori kulit masuk lebih dalam. Alhasil, proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat.

Belum lagi jika tanganmu sedang kotor, bukannya meredakan jerawat, malah bisa membuat jerawat makin betah atau malah makin parah, lho. Jadi, hindari kebiasaan yang satu ini!

3. Penggunaan ponsel yang kotor
Saat ini, memegang ponsel serasa menjadi kewajiban. Rasanya seperti ada yang kurang jika dalam satu hari kamu tidak menyentuh atau menggunakan perangkat elektronik satu ini.

Namun kamu perlu tahu kalau layar ponsel bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan bakteri. Kebiasaan menempelkan layar ponsel ke wajah tanpa membersihkannya terlebih dahulu juga bisa membuat jerawat betah di wajah.

Jadi, mulai sekarang jangan malas membersihkan layar ponsel! Kamu juga bisa menggunakan ear phone saat menelepon untuk menghindari perpindahan bakteri dari layar ponsel ke wajah.