Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam penyampaian sosialisasi Empat Konsensus Kebangsaan secara daring, kepada Masyarakat Pencinta Kebaya dan Organisasi Pemuda Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Peningkatan kecintaan terhadap budaya warisan leluhur dapat menjadi bagian upaya meningkatkan pemahaman setiap anak bangsa terhadap nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki.

“Upaya untuk mencintai budaya yang kita miliki dapat menjadi salah satu pendorong bagi setiap anak bangsa untuk memahami nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam penyampaian sosialisasi Empat Konsensus Kebangsaan secara daring, kepada Masyarakat Pencinta Kebaya dan Organisasi Pemuda Jepara, di Jepara, Jawa Tengah, Senin (20/5/2024).

Menurut Lestari, pemuda sebagai generasi penerus penting untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan warisan para pendahulu bangsa.

Nilai-nilai tersebut, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, antara lain terkandung dalam setiap sila pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan empat konsensus kebangsaan kita.

Pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan tersebut, menurut Rerie, dapat diawali dengan mencintai budaya warisan leluhur yang sejatinya juga kaya akan nilai-nilai luhur yang mampu membangkitkan pemahaman kita terhadap nilai kebangsaan kita.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, sangat berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, beserta masyarakat dapat berperan aktif melestarikan budaya bangsa, sebagai bagian dari upaya menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi penerus bangsa.

ua/nay