Ratusan penghobi mancing di laut, Minggu (19/5), mengikuti lomba mancing Pasiran di Pantai Soge, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, menyatakan, lomba mancing Pasiran di Pantai Soge, dapat menjadi sarana publisitas mengenalkan potensi pariwisata Pacitan kepada masyarakat.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, lebih dari 500 orang pemancing, Minggu (19/5), ikut ambil bagian dalam lomba macing Pasiran di bibir pantai laut selatan. Mereka berasal dari para pemancing lokal dan dari luar daerah, yang beramai-ramai ambil bagian dalam lomba mancing Pasiran yang digelar Komunitas Pemancing Pantai Soge (KPPS).

Perlu diketahui, Pantai Soge merupakan kawasan pantai Laut Selatan yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim. Para pemancing luar daerah yang ikut lomba mancing di Pantai Soge, datang dari wilayah Eks Karesidenan Madiun, dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), seperti dari Bantul, Kulonprogo dan Gunung Kidul. Juga datang para pemancing dari Kebumen, Jateng dan pemancing dari Surabaya, Jatim.

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, yang hadir di event tersebut, berkenan turut memberikan doorprize, yang salah satunya berupa alat mancing. Menurut Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi pariwisata Pacitan, khususnya untuk potensi wisata bahari.

“Mudah-mudahan melalui acara ini, bisa mengenalkan Pacitan dan mengangkat potensi pariwisata Pantai Soge,” kata Mas Aji Minggu (19/5). Mas Aji, berpesan, anugerah alam potensi wisata bahari) di Pacitan, perlu dirawat dan dijaga agar tetap lestari.

Menurut Bupati, Kabupaten Pacitan, Jatim, memiliki garis pantai sepanjang 71 Kilometer (KM). Ini menjadikan Kabupaten Pacitan bagai surganya bagi para penghobi mancing. Selain kaya dengan biota lautnya, lokasi mancingnya pun juga beragam dan indah.

Event ini, rencananya akan digelar secara tahunan. Tujuannya, untuk memberikan wahana bagi para warga yang memiliki hobi mancing, utamanya mancing di pesisir laut.

Lomba mancing Pasiran di Pantai Soge, Pacitan, memperlombakan 2 kejuaraan. Yakni kategori ikan bersisik dan nonsisik. Masing masing diambil gelar juara 1,2 dan 3. “Selain untuk pengembangan potensi wisata, lomba mancing Pasiran ini juga untuk ajang silaturahmi membangun peseduluran (persaudaraan),” tandas Ruslianto selaku Ketua Panitia KPPS.
Bambang Pur