Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Plt Rektor UNS Surakarta Dr Chatarina Muliana dan rombongan Pemkab, Kamis (16/5. di Kampus Kentingan.(Foto:SB/Prokopim Kbm)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen yang dipimpin Bupati Kebumen Arif Sugiyanto berkunjung ke Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Rombongan Bupati Kebumen disambut langsung Plt Rektor UNS Chatarina Muliana, Plt Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS Muhtar, Plt Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS Kuncoro Diharjo, di Ruang Sidang Rektor Gedung dr Prakosa UNS, Kampus Kentingan, Kamis (16/5/).

Pada kesempatan tersebut Bupati bersama jajaran melaksanakan rapat pembahasan pengembangan kampus UNS di Kabupaten Kebumen. Pembahasan ini meliputi progres tahapan perencanaan pengembangan kampus UNS pada lahan bekas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebumen.

“Kedatangan kami ke UNS ini untuk membahas pengembangan kampus UNS di Kebumen. Kerja sama ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab Kebumen dalam mengembangkan fasilitas pendidikan UNS di Kebumen,”tutur Arif Sugiyanto.

Plt Rektor UNS Surakata Dr Chatarina Muliana bersama Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Rabu 16/5.(Foto:SB/Prokopim Kbm)

Pemkab Kebumen sangat mendukung terkait dengan pembukaan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) yang akan dilakukan Kampus UNS Pusat di Kabupaten Kebumen.

“Semoga gagasan ini bisa segera terealisasi. Semoga prosesnya nanti berjalan dengan lancar. Pada kesempatan ini, kami sangat senang bisa langsung bertemu dengan Plt Rektor UNS bersama dengan Plt Wakil Rektor UNS untuk melakukan komunikasi terkait penguatan kerja sama antara Pemkab Kebumen dengan UNS,”imbuhnya.

Sementara itu Plt Rektor UNS Chatarina Muliana dalam kesempatan tersebut menyambut baik kedatangan Bupati Kebumen beserta rombongan.

“Terima kasih kepada Pemkab Kebumen yang bersedia berkolaborasi dalam upaya meningkatkan pendidikan di Kabupaten Kebumen. UNS siap menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengelola operasional pendirian kampus baru di Kebumen,”ujar Dr Chatarina.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Edi Rianto, juga membahas terkait dengan penguatan sinergi kegiatan pengabdian masyarakat dalam hal ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS dengan Pemkab Kebumen.

Sekda Edi Rianto menyampaikan terkait dengan kegiatan KKN di Kebumen, diharapkan nanti dari Unit Pengelola KKN UNS bisa melakukan koordinasi dengan Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kebumen.

“Harapan kami kegiatan pengabdian masyarakat baik dari dosen maupun mahasiswa UNS di Kabupaten Kebumen terus berjalan dan bisa lebih baik lagi. Kemudian kegiatan KKN UNS di Kebumen kami berharap bisa terus berlanjut. Dengan adanya koordinasi antara Unit Pengelola KKN UNS dengan Bappeda Kabupaten Kebumen, diharapkan KKN nanti bisa lebih tertata,”terang  Edi Rianto.

UNS sebenarnya telah memiliki Program Studi S1 PGSD di bawah FKIP UNS di Kampus Kebumen, tepatnya di Jalan Kepodang, Kelurahan Panjer. Prodi S1 PGSD UNS Kampus Kebumen telah melahirkan alumni sebagai guru SD tersebar di Jateng bagian barat hingga Lampung.

Komper Wardopo