ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ikan Lele atau dengan nama lain Clarias sp. merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang termasuk ke dalam ordo Siluriformes dan digolongkan ke dalam ikan bertulang sejati. Jenis ikan lele jawa (Clarias Batrachus) juga dalam tingkatan produktifitasnya sangat tinggi yang sudah dibudidayakan secara luas di negara Indonesia ini.

Ikan lele memiliki banyak manfaat, seperti mengandung zat besi dan vitamin B12. Keduanya merupakan sumber zat gizi yang berperan dalam mencegah anemia. Selain mencegah anemia, mengonsumsi ikan lele dapat membantu memproduksi DNA tubuh, pembentukan sel darah merah, dan menjaga fungsi saraf.

Dilansir dari Suara.com, ikan lele juga cukup nikmat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, di Indonesia ikan ini seringkali dibudidayakan dan diperdagangkan. Namun, ikan lele juga tergolong ikan yang cukup agresif apabila dipancing atau disentuh. Ikan ini juga memiliki senjata beracun, yakni duri di dekat sirip depannya yang dikenal dengan nama “Patil”.

Serangan patil ikan lele inilah yang kerap kali dikhawatirkan saat memancing ikan jenis ini. Selain cukup menyakitkan, kandungan racun dalam patil ikan lele juga dapat menyebabkan beragam kondisi kesehatan tertentu yang harus mendapatkan perawatan khusus. Berikut ini 3 cara sederhana dan benar dalam menanggulangi sengatan patil ikan lele dikutip dari laman halodoc.com.

1. Rendam Area Sengatan Dengan Air Hangat atau Panas

Cara pertama saat terkena patil ikan lele adalah dengan merendam area yang terkena sengatan dengan air hangat atau air panas. Melansir dari artikel yang terbit dalam jurnal “Journal of Hand Surgery”, cara ini cukup ampuh untuk mengurangi rasa sakit dan terbakar akibat dari racun dalam patil ikan lele. Pada beberapa jenis lele, patil ini tidak hanya terdapat pada sirip depan saja, namun juga berada pada sirip punggung yang ukurannya sedikit lebih kecil.

2. Mencuci Area Luka dan Cabut Duri Apabila Menancap

Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci area luka sengatan patil tersebut dengan air mengalir. Hal ini dilakukan guna membersihkan dari berbagai kotoran atau bakteri yang kemungkinan berada di sekitar luka. Selain itu, apabila dirasa ada duri atau patil yang menancap pada luka tersebut, usahakan untuk dicabut menggunakan pinset atau alat lainnya.

3. Jangan Menempelkan Perban Pada Luka

Ketika kamu telah membersihkan luka sengatan patil lele tersebut, usahakan untuk tidak menempelkan perban pada bekas lukamu. Hal ini guna meminimalisir tekanan yang dapat menyebabkan jaringan pada luka tersebut tidak mengalami metabolisme dengan baik. Usahakan kamu segera ke fasilitas medis terdekat apabila mengalami gejala lain seperti gatal atau demam. Meskipun racun dari patil ikan lele ini tidaklah berbahaya bagi manusia. Akan tetapi, sengatan patil ini bisa memungkinkan untuk menyebabkan nekrosis atau kematian beberapa sel tubuh, khususnya di sekitar area bekas sengatan.

Nah, itulah beberapa cara sederhana untuk menanggulangi sengatan patil ikan lele dengan benar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia