Personel Babinsa dari Koramil-09 Giritontro Kodim 0728 Wonogiri, secara sukarela ikut serta dalam bakti sosial donor darah massal bersama warga masyarakat.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Stok darah di Kantor Unit Darah (UD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri, Kamis (16/5), tersedia sebanyak 112 colf (kantong), Jumlah ini untuk Whole Blood (darah lengkap). Terdiri atas 28 colf golongan A, 73 colf golongan B, 6 colf golongan AB dan 5 colf golongan O.

Kepala UD PMI Kabupaten Wonogiri Dokter Heri Susanto, menyatakan, untuk stok PRC atau Packed Red Cells (sel darah) tersedia sebagai berikut: Golongan A sebanyak 7 colt, Golngan B (14 colf), Golongan AB (4 colf) dan Golongan O (kosong).

Kemudian untuk stok Thrombocyte Concentrate  (trombosit) untuk Golongan A (7 colf), Golongan B (9 clof), Golongan AB dan Golongan O masing-masing 6 colf. Warga masyarakat yang secara sukarela peduli menyumbangkan darahnya, dapat langsung ke Kantor UD PMI Wonogiri di selatan Stadion Pringgondani, Wonokarto.

Juga dapat melalui pelayanan jemput bola melalui mobil unit PMI. Yang Hari Kamis (16/5) ini, melakukan pengambilan donor darah massal di Puskesmas Paranggupito, Sabtu (18/5) donor darah massal Anggota dan Pengurus MTA (Majelis Tafsir Al Quran) Baturetno, Minggu (19/5) di Kelurahan Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri.

Selanjutnya, Rabu (22/5) di SMA Negeri 3 Wonogiri, Senin (27/5) di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri. Selasa (28/5) di SMK Negeri 2 Wonogiri, dan Rabu (29/5) di pabrik garmen Top N Top Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri.

Sebelumnya, Babinsa Koramil-09/Giritontro ikut melaksanakan kegiatan donor darah massal, dalam rangka memenuhi persediaan stok darah PMI Kabupaten Wonogiri. Tempatnya di gedung IPHI Kecamatan Goritontro, Kabupaten Wonogiri.

Danramil-09 Giritontro Kapten (Inf) Siswanto melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, keiikutsertaan Babinsa dalam mendukung donor darah massal tersebut, menjadi wujud kepedulian TNI untuk ikut serta membantu kesulitan masyarakat. Utamanya dalam penyediaan stok darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.
Bambang Pur