Pencari kerja saat mendapatkan informasi dari perusahaan pencari tenaga kerja di job fair yang digelar Disnakertrans Grobogan. Foto : Tya Wiedya.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Ribuan pencari kerja (job seeker) menggeruduk Gedung Wisuda Budaya Purwodadi, Jalan R Suprapto, Rabu (15/5/2024).

Kedatangan ribuan pencari kerja ini untuk mencari pekerjaan lewat job fair atau pameran bursa kerja yang digelar Disnakertrans Grobogan, selama dua hari yakni 15-16 Mei 2024.

Pembukaan job fair ini dilakukan pada hari pertama. Hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Grobogan, Kurnia Saniadi yang membuka job fair tersebut dengan ditandai pemotongan untaian melati di depan pintu masuk bersama Kepala Disnakertrans Grobogan, Teguh Harjokusumo.

BACA JUGA : PII Kota Semarang Berjuang Cari Solusi Implementasi UU 11/2014

Kurnia Saniadi yang mewakili Bupati Grobogan Sri Sumarni tersebut mengatakan, bursa kerja ini menjadi sarana yang tepat untuk memfasilitasi secara langsung bertemunya pengguna kerja dengan pencari kerja.

“Harapannya dengan adanya job fair ini bisa mempermudah proses penyerapan tenaga kerja. Selain itu, kegiatan job fair ini juga diharapkan dapat berdaya guna dalam membantu pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, pendidikan, ketrampilan dan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kurnia Saniadi didampingi Kadisnakertrans Grobogan, Teguh Harjokusumo saat mengunjungi salah satu stan pencari tenaga kerja. Foto : Tya Widya.

Bursa kerja ini diikuti 30 perusahaan pengguna tenaga kerja yang berasal dari wilayah Kabupaten Grobogan dan sekitarnya. Menurut Kurnia Saniadi, pengguna tenaga kerja melalui job fair ini bisa mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kualifikasi dan syarat jabatan yang diinginkan.

“Penempatan tenaga kerja yang tepat akan membantu perkembangan kegiatan dunia usaha dan perkembangan ekonomi, yang selanjutnya diharapkan terjadi pertumbuhan ekonomi, khususnya pertumbuhan ekoni di Kabupaten Grobogan yakni bangkit bersama untuk Grobogan semakin hebat,” ucap Kurnia Saniadi, dalam sambutannya.

BACA JUGA : Hadapi Musim Kemarau, Siapkan Langkah Antisipasi Kekeringan

9.875 Lowongan

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Grobogan, Teguh Harjokusumo menjelaskan, dalam job fair ini tersedia 9.875 lowongan dari 30 perusahaan pencari tenaga kerja.

Teguh mengatakan, tujuan job fair ini yakni peningkatan perluasan kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah penempatan tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran

“Sementara untuk sasarannya adalah perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan dan sekitarnya sebagai pengguna dan sekaligus penyedia lowongan kerja,” jelas Teguh Harjokusumo.

TYA WIEDYA