Bapas Semarang gandeng BNNP Jateng dalam kegiatan Bimbingan Kepribadian Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika untuk klien. Foto: Dok/Humas (16/5/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sejumlah klien Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas 1 Semarang mengikuti kegiatan bimbingan kepribadian tentang pencegahan penyalahgunaan narkotika yang berlangsung di Aula Bapas Semarang, Kamis (16/5/2024).

Kali ini Bapas Semarang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah melakukan kegiatan penyuluhan yang diikuti sebanyak 20 orang klien Bapas.

Kepala Bapas Kelas I Semarang, Sarwito saat membuka kegiatan menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membentengi klien agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkotika.

Sarwito juga menyampaikan terima kasih kepada para klien yang telah hadir. Ia berpesan agar klien tidak melakukan pelanggaran hukum lagi. “Kegiatan pembimbingan yang dilaksanakan Bapas Semarang ini sangat positif bagi rekan-rekan klien,” ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran dan memupuk samangat bagi klien, agar menjadi pribadi yang lebih baik, dan tidak kembali terjerat perkara hukum.

“Semoga kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran dan memupuk samangat agar menjadi pribadi yang lebih baik, dan tidak kembali terjerat perkara hukum lagi,” kata Sarwito.

Klien Bapas Semarang terlihat sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam mengikuti jalannya kegiatan.

Pada kesempatan ini Analis Data dan Informasi BNNP Jawa Tengah, Dela Setiyawan menyampaikan materi yang menarik perhatian para klien, hingga menyentuh hati mereka.

Dela juga memberikan semangat kepada para klien agar mampu melangkah maju membangun harapan dengan melakukan kegiatan yang positif.

Salah satu peserta, SG menyampaikan, jika perbuatannya di masa lalu sebagai pemakai dan pengedar narkoba telah meruntuhkan kebahagiannya. Ia mengaku merasa bersalah, karena saat menjalani pembinaan di Rutan Salatiga harus berpisah dengan anaknya yang masih balita.

Ning S