Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat memberangkatkan JCH dari daerahnya. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Rombongan calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Wonosobo telah diberangkatkan oleh Bupati Wonosobo pada 13 dan 14 Mei 2024 dari halaman Pendopo Bupati setempat.

Saat pelepasan CJH, Bupati Afif Nurhidayat menegaskan, pemerintah daerah telah berusaha semaksimal mungkin dalam memfasilitasi proses pemberangkatan CJH Kabupaten Wonosobo.

Dia berharap, CJH dari Wonosobo dapat mengikuti aturan yang ada sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan khusuk. Para CJH sepulang dari tanah suci memperoleh predikat sebagai haji yang mabrur dan hajjah mabrurroh.

“Alhamdulillah tadi dilaporkan semua sudah siap. Sehat semua. Pemberangkatan berjalan lancar tidak ada kendala apapun. Mudah-mudahan semua sehat walafiat pulang kembali juga sehat, jadi haji yang mabrur,” harapnya.

Cek Kesehatan

Bupati dan Wakil Wonosobo saat menyalami JCH yang akan berangkat ke tanah suci. Foto : SB/dok Prokompim

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Wonosobo, Slamet Faizi menyebut, total ada 19 bus membawa rombongan CJH Wonosobo. 19 bus ini terbagi dalam 3 kloter, yakni kloter 11 berjumlah 3 bus yang berangkat Senin, 13 Mei 2024 pukul 10. WIB.

“Ada yang menyusul kloter 12 sebanyak 9 bus berangkat Selasa, 14 Mei 2024 pukul 01.00 dini hari, sementara 7 bus dalam kloter 13 berangkat di hari yang sama pukul 03.45 dini hari,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Wonosobo, Panut mengatakan, CJH di daerahnya yang diberangkatkan sudah melalui proses istithaah kesehatan. Di mana, dalam satu kloter juga sudah disiapkan satu dokter dan dua tenaga kesehatan.

“Jadi yang hari ini diberangkatkan sudah melalui proses istithaah kesehatan. Nantinya juga akan di cek layak terbang apa tidak, akan ada screening,” ucapnya.

Muharno Zarka