Kakanwil Tejo Harwanto audiensi dengan Pj Gubernur, bahas gugus tugas bisnis dan HAM Jateng. Foto: Dok/Humas (15/5/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto melakukan audiensi dengan Pj. Gubernur Jateng, Nana Sudjana di Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Rabu (15/5/2024).

Pada kesempatan tersebut, Tejo didampingi Kepala Bidang HAM Lista Widyastuti, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Moh Hawary, dan Penyuluh Hukum Madya, Danang Agung Nugroho.

Selain bersilaturahmi, dalam kunjungan tersebut Kakanwil berkoordinasi terkait beberapa rencana kegiatan yang akan dilaksanakan Gugus Tugas Daerah (GTD) Bisnis dan HAM Jawa Tengah.

GTD Bisnis dan HAM sendiri merupakan gugus tugas yang dibentuk untuk menyusun rencana kerja terkait hukum dan HAM. Kemudian, mengkoordinasikan dan menyelaraskan pelaksanaan strategi nasional bisnis dan HAM di daerah. Termasuk melakukan pemantauan pelaksanaan strategi nasional bisnis dan HAM di daerah, serta melaporkan strategi nasional bisnis dan HAM di daerah.

Kehadiran Kakanwil dan rombongan ini untuk berkoordinasi persiapan pelaksanaan rapat kerja perdana GTD Bisnis dan HAM Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu Pj Gubernur menyambut baik rencana rapat kerja perdana GTD Bisnis dan HAM. Ia menyatakan siap untuk segera menggelar rapat perdana GTD. Diketahui, pada Desember 2023 lalu, GTD telah dikukuhkan dengan menetapkan Pj Gubernur sebagai ketua dan Kakanwil Kemenkumham Jateng sebagai sekretaris.

Selain nama di atas, keanggotaan GTD Bisnis dan HAM Jateng diisi oleh sekretaris daerah Provinsi Jateng sebagai wakil ketua, dan kepala biro hukum sekretaris daerah Provinsi Jateng selaku wakil sekretaris.

GTD Bisnis dan HAM Jateng juga beranggotakan beberapa kepala dinas terkait, pimpinan tinggi pratama, pejabat administrasi dan perancang peraturan perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Jateng. Ada juga unsur dari koorporasi dan akademisi.

Ning S