Blora Rekutmen Akbar 2024, di GOR  Mustika Blora. Rabu, 15 Mei 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — ‘Blora Rekrutmen Akbar 2024’, kesempatan baik warga Blora diberikan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora yang  menggelar  Bursa Kerja 2024 di Gedung Olah Raga (GOR) Mustika Blora selama dua hari, Selasa, 14 Mei hingga Rabu, 15 Mei 2024.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Endro Budi Darmawan menjelaskan bahwa bursa kerja atau job fair diikuti 28 perusahaan dengan jumlah rekrutmen sebanyak 8.336 tenaga kerja.

“Untuk memfasilitasi dan mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan secara langsung dalam rangka mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan maupun sesuai dengan keinginan para pencari kerja,” jelas Endro Budi Darmawan kepada awak media.

Adapun sasarannya, lanjut Endro Budi Darmawan, yakni para pencari kerja dapat memperoleh informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan yang diinginkan secara langsung.

“Pencari kerja dapat memilih jenis pekerjaan berdasarkan bakat, minat dan kemampuan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan,” ujar Endro Budi Darmawan.

Pada kesempatan itu,  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Blora, Dasiran menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Job Fair 2024 sebagai sebuah momentum yang cukup penting dalam konteks mendorong suksesnya penyelenggaraan program pembangunan daerah umumnya dan pembangunan bidang ketenagakerjaan khususnya.

“Dalam rangka mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Blora,” kata Dasiran.

Dikemukakan, tujuan umum pembangunan bidang ketagakerjaan adalah membentuk iklim sosial, ekonomi dan budaya yang mendukung produktivitas tenaga kerja sehingga dapat hidup layak, berkualitas dan sejahtera.

“Dengan adanya job fair diharapkan dapat menyerap lebih banyak lagi pencari kerja, karena tanpa dukungan dari semua pihak, khususnya para pengusaha atau perusahaan maka upaya untuk mengatasi pengangguran akan sia-sia, mengingat masalah ketenagakerjaan bukan hanya masalah pemerintah saja melainkan masalah kita semua,” ucap Dasiran.

Hadir pula dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, pimpinan OPD, Forkopimda Blora dan warga pencari kerja.

Kudnadi Saputro