Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Yoyok Sukawi, bertemu dengan Ketua DPC Nasdem Kota Semarang, Suryanto, dalam rangka pendaftaran menjadi bakal calon Wali Kota Semarang, Rabu (15/5/2024). (foto hp)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Alamsyah Setyanegara Sukawaijaya atau biasa disapa Yoyok Sukawi dari Partai Demokrat disebut sebagai salah satu tokoh terbaik di Kota Semarang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kota Semarang, Suryanto, saat menerima kedatangan Yoyok guna mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Semarang dalam Pilkada 2024 melalui penjaringan Nasdem.

“Mas Yoyok ini merupakan salah satu tokoh terbaik di Kota Semarang, dan sekarang mendaftar maju dalam pemilihan Wali Kota Semarang,” kata Suryanto di Kantor DPD Nasdem Semarang, Rabu (15/5/2024).

Suryanto menjelaskan, Yoyok menjadi orang pertama yang mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Semarang untuk Pilwakot Semarang 2024 melalui penjaringan yang dibuka Nasdem Kota Semarang.

“Di Nasdem pendaftaran bakal calon dibuka sampai 27 Juli. Hingga kini yang sudah berkomunikasi dengan kami sudah banyak, namun yang datang mendaftar secara formal baru Mas Yoyok,” kata Anggota DPRD Kota Semarang periode 2019-2024 ini.

Sementara itu, Yoyok yang datang Bersama Sekretaris DPC Demokrat Kota Semarang, Danur Rispriyanto, mengatakan alasannya ikut mendaftar dalam penjaringan yang dibuka Nasdem lantaran partai tersebut memiliki peran strategis.

Walaupun hanya memiliki satu kursi di DPRD Kota Semarang, Nasdem tetap memiliki posisi penting dalam membentuk koalisi. Apalagi Yoyok sebelumnya juga sudah melakukan pendekatan ke partai – partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

“Sebelumnya kami memang fokus berkomunikasi dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM), tapi kami juga melakukan komunikasi dengan partai lain di luar KIM, salah satunya ini daftar ke Nasdem,” kata Yoyok.

Menurut Yoyok, peran strategis Nasdem Kota Semarang sangatlah penting untuk memperbaiki Kota Semarang kedepannya. Oleh karena itu, selain KIM, Nasdem juga sangat layak diajak berkoalisi.

Hery Priyono