Kegiatan program intervensi ketahanan keluarga anti narkoba tahap 2. Foto: Dok/BNNP (13/5/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hotel Dalu Semarang menjadi saksi pelaksanaan tahap kedua dari ‘Program Intervensi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba’.

Kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk membangun keluarga yang tangguh dan bebas dari pengaruh narkoba di Kelurahan Tlogosari Kulon, Kota Semarang, wilayah yang dikenal sebagai ‘Kelurahan Bersinar’.

Dalam kegiatan sendiri dibagi dalam tiga sesi, dimana pada kegiatan hari ini difokuskan pada pemahaman dan penanganan stres, baik untuk anak-anak maupun orang tua. Sebanyak 10 keluarga, masing-masing terdiri dari satu orang tua dan satu anak yang berusia SMP, mengikuti kegiatan ini dengan antusias.

” Ada dua narasumber dari Psikolog, yakni Lucky Ade Sessiani, M.Psi, dan Nadya Ariyani Hasanah, M.Psi. Mereka membawakan materi yang sangat bermanfaat bagi peserta,” ungkap Chandra Eka Sariningsih, salah satu fasilitator kegiatan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah,” ungkapnya, Senin (13/5/2024).

Menurutnya, sesi anak dirancang agar mereka dapat mengenali stres, memahami penyebabnya, dan belajar cara mengatasinya. Sebagai bagian dari diskusi, anak-anak juga diberi kesempatan untuk berbagi tentang penyebab stres yang mereka rasakan di rumah.

Sementara untuk sesi orang tua, mereka dibekali dengan pemahaman tentang stres, dan strategi untuk mengelolanya dengan efektif. “Ini penting karena orang tua memiliki peran besar dalam membimbing anak-anak mereka dalam mengatasi tekanan dan stres sehari-hari,” terang Pristiwanto Nugroho, penyuluh narkoba ahli muda dari BNNP Jawa Tengah.

Di sesi keluarga, baik anak-anak maupun orang tua diajak untuk mempelajari tingkat stres satu sama lain melalui permainan termometer stres. Hal ini bertujuan untuk memperkuat hubungan keluarga dan memperjelas pemahaman tentang dinamika stres dalam lingkungan keluarga.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat nyata dalam membangun ketahanan keluarga terhadap pengaruh buruk narkoba. Dengan partisipasi aktif dan antusiasme peserta, langkah ini menjadi bagian penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan sehat, bagi keluarga di Kelurahan Tlogosari Kulon.

Ning S