Mereka yang berhasil.meraih juara 1 dan berhak.maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah

JEPARA (SUARABARU.ID) – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK merupakan ajang pengembangan talenta di bidang olahraga yang diselenggarakan untuk peserta didik SMK.

Ajang O2SN-SMK diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit atlet potensial.

Empat siswa SMK Negeri 3 Jepara yang mewakili sekolah untuk bertanding pada even bergengsi pelajar di tingkat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II berhasil meraih prestasi dan berhak maju ke tingkat provinsi.

Mereka bahkan telah menyerahkan secara resmi piala yang didapatkan kepada sekolah sebagai bukti kemenangan mereka di ajang tersebut.

Wakil Kepala SMKN 3 Bidang Kesiswaan Ary Widiyatmoko bersama siswa peraih kejuaraan O2SN SMK

Penyerahan piala dilakukan setelah pelaksanaan upacara hari Senin, 13 Mei 2024 di lapangan utama SMK Negeri 3 Jepara.

Ary Widijatmoko, Waka Kesiswaan mewakili Sunaji selaku Kepala SMKN 3 Jepara menerima penyerahan piala tersebut. Ia juga memberi apresiasi dan menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para peserta yang telah berjuang membawa nama harum sekolah

Selanjutnya ia meminta kepada para pemenang, pelatih dan guru pendamping untuk mempersiapkan maju ke tingkat provinsi. “Kalian
nantinya akan mewakili Cabang Dinas Wilayah II maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah dan bersaing dengan SMK baik negeri maupun swasta dari 35 kabupaten di Jawa Tengah,” ujarnya

Pelaksanaan O2SN SMK pada tingkat cabang Dinas Wilayah II Demak diselenggarakan pada Kamis dan Jum’at, 11-12 Mei 2024 di GOR Mangunjiwan dan Lapangan sepak bola Sultan Fatah Demak, dengan 5 cabang olahraga kategori putra dan putri untuk mencari talenta berprestasi yang akan maju ke tingkat provinsi.

Cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, dan karate. Kegiatan yang bertema “Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi” ini diikuti oleh kurang lebih 16 peserta cabang bulutangkis, 15 peserta cabang renang, 20 peserta cabang pencak silat, 15 peserta cabang karate, dan cabang atletik sebanyak 24 peserta yang berasal dari SMK negeri maupun swasta di wilayah Jepara dan Demak.

Menjadi juara umum Pekan Olahraga tingkat Kabupaten Jepara tahun ini, SMK Negeri 3 Jepara kembali akan melaju ke tingkat Provinsi setelah meraih juara 1 untuk beberapa cabang olahraga setelah bersaing dengan SMK-SMK yang berada di bawah Cabang Dinas Wilayah II Dema

Beberapa kejuaraan yang diraih SMK Negeri 3 Jepara pada ajang talenta kali ini antara lain Juara 1 Renang putri yang diwakili oleh Syifa Aaliyah, juara 1 Bulutangkis putri oleh Betris Lea Fladasya, juara 1 Bulutangkis putra oleh Danu Abdul Ghofur, dan Kaysa A’yunina Maharani menjadi juara 1 pada cabang pencak silat. Mereka dipastikan akan mewakili Cabang Dinas Wilayah II Demak untuk maju ke tingkat provinsi dari jenjang SMK.

Prestasi lain yang diraih pada ajang olahraga bergengsi di tingkat pelajar ini adalah juara 2 karate putri oleh Anggun Dwi Pratiwi, juara 2 renang putra oleh M. Zaky Amiruddin, juara 2 atletik putri oleh Nawang Sulha, dan juga juara 2 badminton putra oleh M. Reza Pahlevi. Dengan prestasi olahraga yang diraih, sekolah mengharapkan bahwa hal ini akan memberikan motivasi positif kepada seluruh pelajar untuk memupuk minat dan bakat mereka, terutama di bidang olahraga baik di tingkat sekolah hingga ke tingkat nasional bahkan internasional.

Hadepe – Sindi- Zuriyati